Friday, October 23, 2015

Steam

Logo Steam.

                Steam merupakan toko game digital yang di kembangkan oleh Valve Corporation yang menawarkan berbagai macam hal. Steam memberikan pengguna kemudahan instalasi dan update otomatis  game-game di banyak komputer dan juga menyediakan layanan komunitas seperti friend list dan grup, chatting, dan lain-lain.

                Steam bisa dijalankan di berbagai sistem operasi komputer , seperti  Windows, OS X, dan Linux, hanya tinggal buka situsnya kemudian unduh aplikasinya. Tidak hanya di komputer, steam juga hadir di smartphone seperti Android walaupun fungsinya tidak sebanyak Steam versi komputer.

                Sampai saat ini game yang ada di Steam berjumlah lebih dari 3.500 game dengan genre dan developer berbeda-beda. Mulai dari genre Action sampai Strategy, developer indie sampai developer terkemuka. Game-game yang terkenal yang membuat Steam menjadi seterkenal sekarang diantaranya adalah Dota 2 dan Team Fortress 2.

Dota 2

 

Tampilan Home dari Steam versi Desktop App.

 Tampilan Home dari Steam versi browser.


                Ketika pertama kali membuka Steam, maka anda akan di suguhkan dengan Header berupa gambar-gambar berjalan yg merupakan game-game baru atau game-game yang sedang didiskon. Di sebelah kiri gambar tadi anda akan melihat list genre-genre game yang bisa anda beli dan unduh. Kemudian di atas gambar terdapat drop-down menu yang menampilkan apa saja yang ada di Steam.

 Tampilan Library dari Steam.


                Beralih ke tab selanjutnya, yaitu Library. Jika anda telah log-in ke Steam, maka isi Library ini adalah daftar game-game yang telah anda beli di Steam beserta sekilas info tentang game, Achievement yang anda dapat di dalam game, dan berita tentang game tersebut dari developer game anda. Disini anda juga bisa mengontrol pembaruan game dan kemudian angsung memainkannya.

 Tampilan Comunity dari Steam.


                Game-game yang anda miliki di Steam, walaupun tidak semua, akan ada komunitasnya, seperti yang ada di gambar, Dota 2. Aktifitas-aktifitas komunitas tersebut akan ditampilkan di tab Community ini. Isi dari tab Community ini juga bermacam-macam tergantung dari game-game yang anda miliki.



Muhammad Pandu Praadha
5115100128

3 komentar:

  1. Oiya, menurut saya steam memiliki voice chat paling baik dan tepat.. karena steam memiliki group voice chat.. jadi ketika di game tersebut gaada voice chat cukup pake voice chat steam aja.. Nice Share, Lanjutkan

    ReplyDelete