Friday, October 23, 2015

Zenius: Media Pembelajaran Inovatif

                Perkembangan teknologi yang pesat saat ini tidak harus menuntut siswa untuk belajar di sekolah saja dengan menguunakan buku-buku yang tebal. Siswa juga tidak harus belajar di bimbel yang mengeluarkan biaya mahal. Belajar otodidak pun juga bisa. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web yaitu zenius.
                Zenius.net merupakan media pembelajaran berbasis web yang sangat bermanfaat bagi siswa. Zenius.net menyajikan video-video materi pembelajaran yang disampaikan oleh tutor zenius. Untuk menonton video, kita harus mendaftar sebagai member. Untuk menjadi member sangatlah mudah. Dengan hanya mendaftar online lalu konfirmasi email kita sudah menjadi member. Namun untuk menjadi member tidaklah cukup. Karena member hanya dapat menonton satu video saja untuk tiap mata pelajaran. Supaya bisa melihat semua video, kita perlu membeli voucher premium. Harga bervariasi tergantung lama pemakaian. Penggunaan voucher tidak berpengaruh terhadap kuota. Jadi, tidak ada batasan untuk menonton video pembelajaran. Hanya tergantung pada batas waktu pemakaian.
                Tidak hanya video. Di zenius.net juga terdapat blog yang berisi artikel yang berguna untuk memotivasi siswa. Selain artikel motivasi, juga terdapat artikel tips, ilmiah, dan juga hiburan. Artikel hiburan bukan sekadar hiburan, melainkan artikel hiburan yang intinya menjurus kepada pembelajaran. Seperti kupasan film “Interstellar” yang menjurus kepada konsep dilatasi waktu. Sehingga para siswa pun tidak jenuh untuk membaca artikel. Bahkan saya pribadi tidak bosan membaca artikel di zenius.net secara berulang-ulang.
                Berdasarkan pengalaman saya, zenius.net sangatlah bermanfaat bagi saya. Saya sudah tahu tentang zenius sejak awal kelas 2 SMA, namun saya tidak terlalu menghiraukannya. Padahal saat itu adalah masa-masa saya terbelenggu dengan materi pembelajaran terutama Biologi. Di akhir kelas 2, barulah saya mengenal lebih dalam mengenai zenius.net. Saat ingin membeli voucher, saya merasa nanggung untuk membelinya. Ternyata teman saya mempunyai voucher setahun. Saya pun memakai akunnya untuk menonton video. Saat menjelang ujian semester 2 Biologi, saya mengejar semua materi biologi dengan menonton semua video zenius.net dalam waktu semalam. Dan alhamdulillah saya bisa menjawab ujian dengan lancar.
                Zenius juga difasilitasi dengan CD yang berisi video pembelajaran yang terdapat di web zenius.net. Saat saya duduk di kelas 3 SMA, senior saya memberikan saya video yang ada di CD untuk membantu saya belajar. Video Zenius sangatlah membantu saya di kala saya tidak mengerti pelajaran di sekolah. Karena Zenius menjelaskan pembelajaran dengan menjurus kepada konsep. Artikel blognya pun sangatlah memotivasi saya dalam belajar. Terima kasih zenius yang telah menciptakan teknologi berbasis edukasi.


5115100048

12 komentar:

  1. Kan kalo video streaming tidak bisa bertanya. Kalau ga ngerti dan perlu ditanyakan bagaimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Per materi biasanya ada admin / tutornya masing2. Bisa langsung tanya sama admin yg ada. Setau saya yaa...

      Delete
  2. Apakah materi yang disampaikan mencangkup semua atau hanya sebagian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencakup semuanya, menjelaskan secara garis besar dan detail

      Delete
    2. Mencakup semuanya, menjelaskan secara garis besar dan detail

      Delete
  3. Terkadang Materi di Zenius kurang umum (cuma untuk beberapa kasus khusus) tapi overal zenius bagus sih, cuma mahal hehe

    ReplyDelete
  4. Tutorial dari zenius bagus dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  5. zenius memang sangat membantu sewaktu masih sekolah :)

    ReplyDelete
  6. Ini penolong saya , gak perlu ke G*O atau p*rimagama, cukup les disini saja sudah menurut saya :v
    achmadaniar AR/5115100094

    ReplyDelete
  7. Saya sebagai pengguna Zenius sangat mendukung zenius dan perkembangannya, selain itu menurut saya materi dan latihan soalnya sangat bagus, strategi yang tepat untuk orang yang mau SBMPTN lagi

    ReplyDelete