Thursday, October 22, 2015

The Grand Theft Auto

     
    Kita pasti pernah memainkan game. Seperti ular tangga, monopoli, petak umpet dan game - game seru lainnnya. Dari beberapa game yang diseutkan, ada game yang merupakan game yang didasar dari perkembangan sistem digital contohnya seperti gam game yang terdapat di playstation, komputer dan lainnya. Jenis video game bermacam - macam. Salah satunya adalah RPG. RPG adalah singkatan dari Role Playing Game. Jenis game ini sangat unik, karena pada jenis game ini mengutamakan kepada kolaborasi sosial daripada kompetisi. Jadi, pada jenis game ini tidak ada menang dan kalah. Mereka akan menggunakan imajinasi mereka untuk memilih jalan cerita yang mereka inginkan. Salah satu game RPG yang terkenal di zaman sekarang yakni Grand Theft Auto yang diproduksi oleh rockstar. Siapa lagi yang tidak mengenal dengan game Grand Theft Auto atau banyak orang yang menyebutnya GTA. Game ini sangat menarik untuk dimainkan. Selain dari grafik yang sangat real untuk dimainkan, mereka menyajikan game yang menduplikasikan kehidupan di dunia ini ke arah digital. Pemain utama pada game ini merupakan seorang kriminal yang akan melalukan apapun sesukanya (tergantung pada bagaimana kita memainkannya).


NENEK MOYANG DARI GTA

     Sebelum dibuatnya Grand Theft Auto, ada game yang bernama Race 'n'chase. Game ini diluncurkan oleh DMA Design yang mengkisahkan seorang polisi dan penjahat.Game ini mengimplementasikan kehidupan tentang polisi atau kriminal, karena pada game ini kita akan memilih akan menjadi polisi atau kriminalist. Ada game game yang bisa kita pilih seperti, bank robbery (bisa memilih menjadi polisi atau penjahat), Demolition Derby dan lain - lain.


       Game ini seharusnya untuk diluncurkan pada tahun 1995, tetapi pada saat eksekusi game, game ini tidak berjalan dengan apa yang diinginkan oleh creator. Ada kesalahan dari AI sang Polisi yakni sang polisi terus - menerus menabrak dan berusaha mengentikan sang penjahat. Dari kesalahan ini, sang tester dan developer membuat ide yang sangat mengagumkan. Mereka mengubah semua konsep yang dibuat diawal dan hanya menggunakan satu pemain utama yakni sang penjahat dalam game ini dan mengubah nama game dari Race'n'Chase menjadi Grand Theft Auto.


Generasi pada GTA

Generasi Ke-1

       Pada generasi ini game perdana ini di luncurkan dan mendapat respon yang baik dari user. Pada generasi pertama, game ini dilihat dari sudut pandang top-down dimana sang player mememainkan karakternya dari atas. Di game ini terlihat asli dan nyata dalam sisi gameplay-nya. Karakter objek di dalam game ini bisa dibilang unik yang mempunyai khas nya tersendiri. Seperti mobil sport akan lebih sulit dikendalikan daripada truk, dan AI yang mengklakson mobilnya ketika kita menabrak mobil pengemudi. Contoh dari game generasi pertama adalah "Grand Theft Auto","Grand Theft Auto : London, 1961", "Grand Theft Auto: London, 1969", dan "Grand Theft Auto 2".

Grand Theft Auto : London, 1969



Grand Theft Auto


        Kita bisa melakukan apapun yang ada di game ini dengan konsekuensi yang tertera dalam game. Contohnya adlaah ketika kita membunuh seseorang di dalam game ini dan menghancurkan mobil-mobil maka kita menpat tingkatan polisi untuk menangkap kita. Semakin tinggi level maka kita akan sulit untuk lari dari pengejaran polisiMisi - misinya juga bisa terbilang relatif banyak sehingga kita tidak bosan dalam memainkan game ini.Setelah semua misi selesai terlaksana, kita tidak langsung keluar dari game dan selesai sampai di situ. tetapi kita bisa memainkannya kembali dengan catatan tidak ada misi utama yang harus dijalankan jadi kita bisa bebas dan suka ria di dalam game tersebut dengan konsekuensi yang sama.


Generasi Ke-2

       Pada generasi ini, Grafik mulai terlihat real dengan animasi 3D nya yang menjadikan game ini sangat laris di era nya. Setiap kita menjalankan misi, kita akan ditampilkan sebuah film pendek tentang misi yang ingin kita jalankan yang membuat player berasa menjadi karakter dalam GTA. Contoh game - gamenya adalah "Grand Theft Auto III", "Grand Theft Auto: San Andreas", "Grand Theft Auto : Vice City", dan masih banyak lagi.
Grand Theft Auto: San Andreas


Grand Theft Auto: Vice City


Grand Theft Auto III
       Pada generasi ini, player mendapatkan transportasi tambahan seperti helicopter, tank, boat dan lainnya. Selain ada nya tambahan berupa transportasi, mereka menyajikan misi - misi tambahan yang bisa terbilang di luar cerita inti. Jadi, pada misi tersebut kita hanya menjalankan misi yang jika kita selesai, tidak mempengaruhi jalan ceritanya dan tetap pada misi utama. Map yang bisa terbilang sangat luas membuat game ini tidak bosan untuk dimainkan seperti GTA : San Andreas yang faktanya masih ada orang yang memainkan game ini. Karena game ini mempunyai banyak mod dan cheat yang bisa membuat player ingin mencoba hal hal yang menghibur mereka. selain itu juga, terdapat gym dan tempat bela diri. jadi semakin sering kita berolahraga maka status seperti life point akan bertambah dan badan karakter akan semakin kuat, jika kita sering makan maka badan karakter akan gemuk dan untuk bergerak akan lebih lama dan jangkauan lompatan juga mengurang. Mereka juga menambahkan feature saving, yaitu mereka bisa membeli rumah untuk mengganti baju dan untuk menyimpan game agar tidak mengulang dari awal lagi.


Generasi Ke-3

      Generasi ketiga ini mempunyai grafik dengan standar yang sangat tinggi yakni HD. Dengan tekstur dan pencahayaan yang indah menjadikan game ini adalah sebuah dunia digital yang menyerupai dunia ini.Tambahan yang di masukan dalam game ini adalah adanya GPS yang mempermudah sang player untuk pergi ke suatu tempat. Adanya mobile phone yang bisa digunakan untuk  menelfon kawan untuk pergi jalan-jalan dan masih banyak kegunaan lainnya. Contoh game pada generasi ini seperti "Grand Theft Auto IV", "Grand Theft Auto: The Ballad of Gay Tony", dan "Grand Theft Auto: The Lost and Damned"
Grand Theft Auto IV
Grand Theft Auto: The Lost and Damned
Grand Theft Auto: The Ballad of Gay Tony
                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
       Di generasi ini player bisa memainkan GTA dengan teman - teman mereka secara online. Feature ini membuat player tidak bosan dalam memainkan game GTA ini. Dengan mini games yang bisa mereka mainkan secara online membuat game ini semakin seru untuk dimainkan.

    Generasi Ke-4   

      Inilah generasi yang terakhir dibuat dalam sejarah GTA yaitu Generasi ke-4. Pada generasi ini mereka masih memproduksi game GTA yang bernama "Grand Theft Auto V", salah satu best seller game dalam sejarah GTA yang pernah dibuat. Pada generasi ini juga adalah salah satu generasi yang melopori Game GTA yang bisa digunakan dengan jenis FPS atau First Person Shooter. Dengan sudut pandang yang real membuat game mempunyai daya tarik sendiri dari para usernya.
Grand Theft Auto V
                                                                                                                                                        Feature yang ditambahkan dalam seri ini lumayan cukup banyak. Selain grafik yang lebih bagus dan lebih realistis. Cerita yang lebih menarik membuat player penasaran akan cerita yang ingin disampaikan developer.  Selain itu juga ada status yang bisa kita upgrade agar tokoh semakin hebat layaknya di San Andreas.Ada tambahan yang unik dalam game ini yakni adanya website yang bisa kita jelajah. Website didalam GTA V bisa digunakan untuk menanmkan saham, membeli kendaraan lewat online dan lainnya. Minigames juga terdapat dalam game ini seperti bisa bermain tennis dan bisa melakukan yoga dan masih banyak lagi.
     
      Mereka menambah 2 protagonis tambahan yang harus kita selesaikan agar game tersebut bisa tamat. Setiap Tokoh mempunyai karakter masih masih yang unik dengan latar belakang yang berbeda beda. seperti Michael, Franklin, dan Trevor. Setiap tokoh mempunyai kemampuan spesial yang unik.



                                                                                                                                                                                                                                     
Franklin

Franklin

Dia adalah orang dari keluarga dari kalangan bawah. dia mengikuti gang yang membuat dia ingin mendapatkan seseuatu yang dia inginkan. Dia mempunyai kelebihan dapat memperlambat seperti slow motion ketika mengemudi mobil.
Michael

 Michael

Dia adalah orang kaya yang mempunyai istri dan 2 anak laki-laki dan perempuan. Mereka adalah keluarga yang rusak karena ayahnya yaitu Michael seorang kriminal yang selalu dikejar - kejar polisi agar masuk penjara. kelebihan dia adalah bisa slow motion ketika mengendarai motor.




    
Trevor

     Trevor


Dia adalah salah satu sahabat Michael ketika melakukan aksi kriminal. Dia hidup di daerah yang jauh dari kota dan hidup di tempat yang gersang dan panas. Dia sangat maniak akan membunuh dan bisa termasuk psikopat. Dia mempunyai kelebihan ketika menembak target. Dia bisa memperlambat waktu ketika menembak jadi bisa memberi kita waktu untuk mengarahkan tembakan ke target.



      Tetapi dalam kesuksesannya game ini pasti menimbulkan kontra-kontra di game ini. Salah satunya adalah karena game ini merupakan game yang berlandaskan  kepada kriminalitas yang menyalahkan undan-undang yang ada di dunia. Ada seorang kriminal yang mengakui dia melakukan kriminal dengan tekadnya karena GTA. Dia berani melakukan kejahatan karena dia sudah terbiasa melakukan kriminal walaupun hanya di game. Game ini sempat ingin di berhentikan karena banyak mengandung kekerasan.
         Walaupun ada yang membuat game ini mendapat pandangan buruk di beberapa kalangan. Game ini tetap melanjutkan usahanya dan memproduksi game - game yang lebih menarik bagi para usernya, 


Sumber
http://www.grandtheftwiki.com/Race%27n%27Chase, tanggal 22 Oktober 2015 waktu 12:58 WIB.
https://www.youtube.com/watch?v=eoCl4i35dQ8, tanggal 22 Oktober 2015 waktu 13:09 WIB.
http://www.rockstargames.com/V/, tanggal 22 Oktober 2015 waktu 16:32 WIB.


Nama : Faturochman Pranacahya Andrianto
NRP  : 5115100103


3 komentar:

  1. Nice info gan.
    Apalagi isi dari postingan ini sejalan dengan hobi yang saya miliki. Senang pernah mencicipi game GTA gen 1. Full of memories lah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba yang multiplayer yang online gan. Ketagihan deh..

      Delete
  2. GTA itu RPG??ga salah bro?bukan nya masuk nya genre third person shooter?

    ReplyDelete