Friday, October 23, 2015

Gelombang Mikro (“sinyal”)

Gelombang Mikro (“sinyal”)

                   
Assalamu'alaykum wr wb                  
            Bayangkan jika benda-benda yang membutuhkan “sinyal” harus selalu terhubung dengan kabel, bayangkan akan ada berapa banyak kabel yang terpakai dan akan ada berapa orang yang terjatuh karena tersandung oleh kabel-kabel itu. Bayangkan berapa banyak biaya untuk membeli kabel yang dibutuhkan manusia di jaman digital ini jika “sinyal” tidak pernah ada, serta bayangkan pula betapa terbatasnya penyebaran berita, betapa terbatasnya berkomunikasi dengan orang-orang yang jaraknya jauh dari kita(baper rek :” ). Tidak bisa dipungkiri memang, dijaman serba canggih seperti sekarang teknologi “wireless” sangat membantu kehidupan, namun apakah sebenarnya “wireless” itu sendiri?



               Gelombang mikro adalah salah satu jenis dari gelombang elektromagnetik, gelombang yang tidak membutuhkan media tertentu untuk bergerak, gelombang inilah yang membuat benda-benda kita menjadi “wireless”. Gelombang mikro inilah yang sering disebut dengan “sinyal”. Banyak sekali benda yang menggunakan gelombang mikro, bahkan bisa ditemui hampir disemua tempat. Contoh paling mudahnya adalah handphone, mulai dari nokia 3310 sampai iphone 6s sekalipun tak luput dengan penggunaan gelombang mikro ini. Mungkin jika gelombang ini “visible” dengan mata telanjang manusia, maka pengelihatan kita akan sangat terganggu karena banyak sekali pengguna gelombang ini.

Lalu bagaimana dengan benda-benda yang masih membutuhkan kabel? Seperti kabel telefon misalnya

               Di sebagian tempat gelombang ini memang tidak digunakan, karena menggunakan koneksi “local” yang membuat jaraknya menjadi sangat sempit, hanya sampai dimana kabel itu dapat mencapainya. Namun banyak pula benda yang masih berhubungan dengan kabel yang “nantinya” juga akan menggunakan gelombang ini, yakni pada saat kabel ini terhubung dengan benda yang memancarkan sinyal (router) atau benda yang dapat menerima sinyal (receiver satelite).

Mengapa saya mengambil topic ini?

               Karena dijaman sekarang, teknologi ini sangat-sangat dibutuhkan, dan yang membuat saya terkesan adalah bagaimana teknologi ini bisa “menyatukan” banyak hal didunia ini, tanpa harus memikirkan akan jarak dan waktu. Teknologi ini juga sangat banyak dan sering digunakan tanpa kita sadari. Tak terlihat namun sangat bermanfaat. –red



Nama :Rezky Alamsyah
NRP   :5115100109

source gambar: 
www.wordbypicture.com
image.google.com






1 komentar:

  1. efek samping dari gelombang tersebut kalau berada dalam lingkungan kita sehari-hari ada gak?

    ReplyDelete