Thursday, October 22, 2015

BlackBerry


Halo teman-teman, pada kesempatan saya kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam dunia teknologi. Saya akan menceritakan tentang teknologi yang paling berkesan yang pernah saya rasakan. Saya akan membahas tentang smartphone BlackBerry. Beberapa pembaca pasti akan berfikir bahwa masa-masa kejayaan smartphone ini sudah berakhir, bahkan produknya saja sudah tidak terdengar lagi.

Saya ingin bercerita sedikit tentang fenomena BlackBerry dalam kehidupan saya. Saya mengetahui tentang BlackBerry pada saat saya SMP kelas 7, atau tepatnya tahun 2009. Pada waktu ini saya sering melihat status teman saya di beberapa sosial media menuliskan status tentang PIN. Pada saat saya pertama melihat saya pun bingung mengapa PIN malah dipublikasikan karena sepengetahuan saya PIN adalah Personal Identification Number, atau sederhananya bukan sesuatu yang dapat kita umbar. Namun setelah saya mengetahui lebih lanjut ternyata itu adalah pin untuk BBM. Saya pun mencoba mencari tahu apa itu BBM. 

BBM adalah BlackBerry Messenger, yaitu sebuah wadah untuk berkomunikasi melalui pesan singkat atau biasa disebut 'chatting' yang hanya bisa diakses dari smartphone BlackBerry. Setelah beberapa waktu, saya pun makin menyadari bahwa BlackBerry sudah semakin populer di kalangan anak remaja bahkan juga orang tua. Smartphone ini juga membawa dampak besar pada masyarakat, contohnya semua orang sudah jarang berkomunikasi melalui pesan singkat atau telepon. Lalu semua orang sudah semakin fokus dengan BlackBerrynya, karena tidak hanya BBM, namun kita juga dapat mengakses sosial media lain seperti Twitter, Facebook dan lainnya. Bahkan banyak provider yang membuat paket data khusus untuk BlackBerry.

Mungkin para pembaca merasa bahwa masa-masa BlackBerry hanya sebentar dan produknya kurang baik dan jauh lebih menarik smartphone touchscreen yang sudah ramai di pasaran, tetapi jika kita melihat lebih jauh, BlackBerry telah membawa perubahan besar dalam dunia teknologi. Teknologi yang disajikan BlackBerry ini belum terkenal atau bahkan belum ada sebelum BlackBerry mewabah. Smartphone ini merupakan awal mula berkembangnya smartphone yang beredar sekarang ini. 

Itulah cerita singkat saya mengenai teknologi yang paling berkesan dalam kehidupan saya. Dengan adanya smartphone juga, hidup kita juga menjadi jauh lebih mudah.

Nama : Glenn Lucas
NRP : 5115100148

1 komentar:

  1. Artikelnya bagus gan... Menurut saya, sebelum blackberry itu ada, ada satu gadget lain yakni motorola dimana memiliki fungsi yang sama seperti smartphone saat ini. Menurut saya pula, Blackberry memiliki suatu sistem messenger (BBM) sebagai faktor utama adiksi sosial pada tahun 2010 an

    ReplyDelete