Friday, October 23, 2015

Dari Konvensional Menjadi Digital


Perkembangan teknologi informasi talah terjadi begitu pesat, salah satunya contohnya adalah teknologi translator atau penerjemah dari suatu bahasa ke bahasa lain. Salah satu media translator yang terkenal saat ini adalah "Google Translate". siapa yang tidak kenal Google Translate? Sebuah media translator terpopuler saat ini. Sebelum kita menginjak Google Translate, coba kita lihat ke masa lalu.


Masih ingatkah anda dengan benda ini? Kapan terakhir anda membacanya? Ini adalah sebuah buku legendaris di tahun 1980 sampai 2000 an. Dulu buku ini sangat berharga. Orang yang memiliki buku ini boleh berbangga, apalagi di tahun 2000 an muncul bermacam macam jenis buku seperti ini, mulai dari 100 juta kata, 1 miliar kata, dan bahkan 1 trilyun kata, dan uniknya jumlah kata berbanding lurus dengan tingkat kebanggaan kita. Namun hal itu tidak bertahan lama, sampai akhirnya muncul teknologi kamus elektronik yang jauh lebih canggih dari kamus tradisional.
 

Masih ingatkah kalian dengan "alfa-link". Ya, teknologi tercanggih dijamannya. Sama seperti kamus tradisional di masa lalu, siapapun yang punya benda ini boleh berbangga. Karena pada saat itu teknologi ini begitu canggih, kita hanya perlu mengetikkan kata kata  dalam bahasa inggris pada perangkat, kemudian perangkat pun akan menerjemahkannya ke bahasa indonesia, dan juga bisa sebaliknya. Selain itu kamus elektronik biasanya dibekali dengan game kata atau game jenis lainnya. Sayangnya nasib kamus elektronik ini harus berakhir sama seperti kamus tradisional. Sampai akhirnya muncul teknologi smartphone dan internet. Teknologi ini merubah segalanya.


Teknologi yang menggantikan kepopuleran kamus elektronik adalah Google Translate. Google Translate dapat diakses di http://translate.google.com, selain itu google translate juga tersedia dalam versi aplikasi untuk IOS dan Android GRATIS. Untuk versi aplikasinya dapat dijalankan dengan online mode atau offline mode. Untuk offline mode kita perlu mengunduh language pack dari bahasa yang kita inginkan. Namun biasanya language pack tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. 

Google translate juga dibekali beberapa fitur canggih, contohnya fitur speech. fitur ini memungkinkan pengguna menerjemahkan suatu bahasa melalui suara. kita hanya perlu mengatakan suatu kata atau kalimat kepada google translate, dan google translate akan secara otomatis menerjemahkannya kedalam bahasa sesuai keinginan kita.


Selain itu google membekali aplikasi ini dengan fitur terbarunya, yaitu word lens. Fitur ini dapat menerjemahkan bahasa melalui kamera secara instant. Fitur ini merupakan fitur tercanggih dari Google Translate. Coba kita tunggu saja bagaimana perkembangan teknologi translator selanjutnya.

Oleh : Fuad Dary Rosyadi
Nrp  : 5115100089

0 komentar:

Post a Comment