Thursday, October 22, 2015

Shazam, Aplikasi Penebak Judul Lagu

                 Shazam,,, apa itu? Pernahkah teman-teman mendengar sesuatu tentang Shazam? Mungkin ada yang sudah tahu dan pastinya ada juga yang belum tahu bahkan belum pernah mendengar hal itu.



                  Maka dari itu saya akan menjelaskan sekilas seputar Shazam. Shazam adalah aplikasi mobile yang dikategorikan dalam aplikasi musik. Mengapa saya memilih teknologi informasi ini sebagai bahan tugas saya? Karena saya suka sekali mendengarkan musik disaat apapun dan di manapun.

                 Suatu hari saya pernah pergi ke Mall, masuk ke sebuah department store dan pada saat itu suatu lagu diputar melalui speaker. Saya suka sekali dengan lagu itu. Lagunya bahasa inggris, sebisa mungkin saat menemani kakak saya belanja, saya memahami liriknya. Ternyata susah juga dihafal, haha. Saat sampai rumah saya langsung cari di internet tentang lagu itu, dan ternyata saya mendapatkan hasil nihil alias tidak dapat apa-apa. Mungkin saya salah mendengar liriknya.

                  Beberapa menit kemudian kakak saya datang mau meminjam laptop, lalu ketawa melihat saya sedang membuka Google mencari lagu itu. Singkat cerita dia menawarkan saya untuk memakai aplikasi yang baru saya dengar waktu itu, yaitu Shazam.

                 Dengan Shazam, kita bisa mengetahui judul lagu dan penyanyi yang menyanyikannya, hanya dengan menekan tombol di aplikasinya dan mendekatkan devicenya ke sumber suara dimana sebuah lagu diputar. Sangat simpel bukan? Kita tidak perlu mencari susah-susah di internet yang belum tentu kita akan tahu atau tidak judul lagunya.




                  Pada awalnya aplikasi ini diterapkan pada BlackBerry, tetapi seiring berjalannya waktu aplikasi Shazam sudah bisa digunakan di hampir semua device, baik itu Android, Iphone, dan lain-lain. Lalu sebenarnya bagaimana cara Shazam bekerja? Secara detail pasti itu merupakan rahasia perusahaan, tetapi secara garis besar, intinya suara (data) yang masuk akan diextract ke server, setelah itu data akan dicocokan dengan database lagu yang ada dan setelah itu akan dikirim balik.

                 Aplikasi ini sudah bisa didownload secara gratis di Play Store atau di tempat lainnya. Saat ini Shazam juga sudah membuat Shazam Player semacam Winamp yang fungsinya juga sebagai music player. Dan yang membuat spesialnya lagi, suara kita juga bisa menjadi indikator, kita bisa menyanyi di dekat sound device yang kita gunakan dan akan diproses oleh Shazam, pastinya dengan tempo dan irama yang menyerupai lagu aslinya.

Nama : R. Sidqi Tri P.
NRP : 5115100153

7 komentar:

  1. Haha, saya juga pernah mendengar sebuah lagu yang kemudian saya langsung suka, tapi saya tidak mengerti liriknya dan saya bingung bagaimana menjelaskannya pada Google. Sepertinya aplikasi ini bisa membantu. Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. wah keren aplikasinya. Tapi saya mau bertanya beberapa hal. Apakah shazam ini bisa mendeteksi dan mencari lagu selain lagu yang berbahasa inggris? sebagai contoh lagu indonesia, jerman ataupun yg lain? dan kalau kita hanya menghumming nadanya, apa dia juga tahu lagu apa yg kita maksud?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Nice info, saya dulu juga sering mencari suatu judul lagu dari soundtrack film/anime ke mbah google. Sepertinya aplikasi ini bisa mebjadi solusi bagi saya. Tapi apakah aplikasi ini bisa mendeteksi lagu yg tidak memiliki lirik semisal lagu klasik?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. @neny : saat ini shazam sudah bisa menebak banyak jenis lagu dri berbagai negara, bisa lagu inggris, lagu indonesia, bahkan lagu jepang... saya sdh pernah mencoba lagu berbahasa jepang dan hasilnya tepat ;)

    ReplyDelete
  6. @neny dan ahmad : sy ingin menjawab yg pertanyaan nadanya saja, karena kalian kurang lebih sama menanyakan hal itu,, apakah bisa shazam mendeteksi lagu yg hanya nadanya saja ? setau saya bisa, tetapi tempo dan iramanya harus tepat, selain itu musik instrumen seperti piano dan saxphone jg bisa

    ReplyDelete
  7. nice post gan :D
    Aplikasi ini patut dicoba. Selama ini saya hanya bisa pasrah apabila suka sebuah lagu yg sekilas didengar tanpa mengetahui judulnya :v

    ReplyDelete