Friday, October 23, 2015

Video Game. An Unexpected Revolution

Video Game adalah suatu permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Video Game biasanya dimainkan dengan controller pada console masing - masing. ada banyak macam console -console video game.yang terkenalnya yakni Playstation, XBOX, WII, PC, dan lain - lain. 

Genre

Ada banyak genre video game yang sudah dibuat, yakni:



1. Action

Action game adalah genre video game yang menekankan pada tantangan fisik, biasanya menekankan pada koordinasi mata-tangan dan reaksi-waktu, Game action memiliki subgenre yang beragam seperti fighting, shooter, dan game - game lain yang dianggap sebagai game action, meskipun beberapa dari game Real-Time Strategy (RTS) juga dianggap sebagai game action. contoh dari game ini adalah Space Invader, Mortal Kombat, Guitar Hero, Pac-Man, dan lainnya.

2. Action-adventure

Action-adventure game adalah genre video game yang menggabungkan unsur genre game petualangan dengan berbagai elemen 'action'. Hal ini mungkin genre luas dan paling beragam di game, dan dapat mencakup banyak permainan yang mungkin lebih baik dikategorikan di bawah genre ini. contoh dari genre game ini adalah Half-Life, The Legend of Zelda, Grand Theft Auto, Tomb Raider, Metal Gear Solid, dan lainnya.

3. Adventure


Adventure game adalah genre video game yang dimana playernya mengasumsikan sebagai peran protagonis pada sebuah cerita yang didorong oleh eksplorasi dan memecahkan teka-teki. Genre ini berfokus pada alur cerita yang berbasis narasi seperti film, hampir semua genre ini dirancang untuk single-player, karena penekanan pada cerita dan karakter membuat desain multi-player sulit. Contoh dari game ini adalah Hugo's House of Horrors, Crimson Room, Professor Layton, 999: Nine Hours, Nine Person, Nine Doors, The Stanley Parable, dan lainnya.

4. Role-playing
Role-playing Game atau disebut sebagai RPG adalah genre video game yang mana pemain mengontrol tindakan dari karakter utama (atau beberapa anggota partai bertualang) tenggelam di beberapa dunia yang didefinisikan. Banyak role-playing video game memiliki asal-usul dalam pena-dan-kertas permainan peran-bermain (seperti Dungeons & Dragons) dan menggunakan banyak terminologi yang sama, pengaturan dan permainan mekanik. Kesamaan utama lainnya dengan permainan pena-dan-kertas termasuk dikembangkan bercerita dan elemen narasi, pengembangan karakter pemain, kompleksitas, serta replayability dan perendaman. Media elektronik menghilangkan perlunya untuk gamemaster dan meningkatkan kecepatan resolusi tempur. RPG telah berevolusi dari berbasis teks konsol-jendela game sederhana menjadi pengalaman visual 3D yang kaya. contoh dari game ini adalah Final Fantasy, Diablo, World of Warcraft, Lineage, dan lain lain.

5. Simulation


Simulation game adalah genre yang menggambarkan super-kategori beragam video game, umumnya dirancang untuk erat mensimulasikan aspek dari realitas nyata atau fiksi.

Sebuah permainan simulasi mencoba untuk menyalin berbagai kegiatan dari kehidupan nyata dalam bentuk permainan untuk berbagai keperluan seperti pelatihan, analisis, atau prediksi. Biasanya tidak ada gol didefinisikan secara ketat dalam permainan, dengan pemain bukannya dibiarkan bebas mengontrol karakter. Contoh terkenal adalah game perang, permainan bisnis, dan bermain peran simulasi. Contoh game genre ini adalah The Sims, Sim City, Goat Simulator, Poker, dan lain lain.

6. Strategy


Strategy game adalah genre yang berfokus pada skill berpikir untuk mencapai kemenangan. Game ini meningkatkan kemampuan strategic, tactical, dan logical. beberapa game juga diharuskan berpikir economic dan exploration. Contoh game dari genre ini adalah Sid Meier's Civilization, Total War, War 3, Age of Empires, DotA, Warhammer: Dark Omen, dan lain lain.

7. Survival Horror
Survival horror adalah subgenre dari video game terinspirasi oleh fiksi horor yang berfokus pada kelangsungan hidup karakter karena permainan mencoba untuk menakut-nakuti pemain. Meskipun pertempuran dapat menjadi bagian dari gameplay, pemain yang dibuat untuk merasa kurang kuat daripada di game action khas, karena amunisi yang terbatas, kesehatan, kecepatan, visi, atau keterbatasan lainnya. Pemain juga ditantang untuk menemukan item yang membuka jalan ke daerah-daerah baru, dan memecahkan teka-teki di lokasi tertentu. Permainan menggunakan tema yang kuat horor, dan pemain sering ditantang untuk menavigasi lingkungan labirin-seperti gelap, dan bereaksi terhadap serangan tak terduga dari musuh. contoh game dari genre ini adalah Resident Evil, Left 4 Dead, Dreadout, Alone in the Dark, SOMA, Five nights at Freddy's, The Evil Within, Amnesia: The Dark Descent, dan lain lain. 

8. Massively Multiplayer Online (MMO)


MMO game adalah video game multiplayer yang mampu mendukung sejumlah besar pemain secara bersamaan dalam contoh yang sama (atau dunia). Dengan kebutuhan, mereka bermain melalui jaringan, seperti Internet. MMO biasanya memiliki setidaknya satu dunia yang terus-menerus, namun beberapa permainan berbeda. Permainan ini dapat ditemukan untuk sebagian besar jaringan berkemampuan platform, termasuk komputer pribadi, konsol permainan video, atau smartphone dan perangkat mobile lainnya. contoh game dari genre ini adalah World of Warcraft, Eve Online, World War II Online, Need for Speed: World, The Sims Online, Virtonomics, Dance Dance Revolution, Infantry Online


Saya memilih Video Game ini karena dari semua teknologi informasi yang saya ketahui, video game ini merupakan yang berkesan untuk bagi saya.


Nama: Arya Wiranata
NRP: 5115100163











3 komentar:

  1. kasih saran dong buat game offline dengan genre gabungan semuanya dong gan,,biar gak monoton kan jadi bosan._.
    yang jangan berat berat ya._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang nggak berat - berat ya game - game dengan tahun keluaran 10 tahun bekakang ini. Tapi kalau game offline genre gabungan aku rekomendasikan game Indie.

      Delete
  2. Assassin's Creed masuknya genrenya apa ya? bisa ga dibuat simulation genre nya?

    ReplyDelete