Thursday, October 22, 2015

MusiXmatch


       Hiburan sangat diperlukan untuk me-refresh pikiran setelah beraktivitas, seperti kuliah. Terlalu banyak belajar sangat tidak efektif karena otak akan jenuh dan sulit untuk menerima materi yang ada. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjernihkan pikiran kembali adalah mendengarkan musik.
       Musik adalah hal yang tidak akan hilang dari dunia ini. Walaupun tidak gemar mendengaran musik, setiap orang pasti pernah mendengarkan 1 lagu dalam hidupnya. Ternyata, musik memiliki manfaat dalam kehidupan manusia.

1. Untuk menenangkan jiwa.
    Ketika dalam keadaan stress, sesorang dapat mendengarkan musik untuk menenangkan jiwanya. Musik dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi.
2. Untuk meningkatkan fungsi kerja otak.
    Musik dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih tenang sehingga otak dapat bekerja dengan lebih optimal.
3. Sebagai hiburan.

Pada jaman sekarang ini, teknologi semakin canggih. Kita semakin dipermudah dalam melakukan kegiatan. Untuk mendengarkan musik, diperlukan pirngan hitam pada jaman dahulu. Sekarang, kita dapat mendengarkan lagu melalui handphone yang bisa dibawa kemana-mana.


MusiXmatch adalah sebuah aplikasi yang paling berkesan bagi saya karena saya senang mendengarkan lagu. Apa bedanya dengan music player yang sudah tersedia di smartphone? Dan mengapa aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling berkesan bagi saya?


1. Enak ataupun tidak suara kita, kita pasti pernah bernyanyi saat lagu kesukaan diputar. Apa yang dilakukan jika tidak hafal dengan lirik lagu? Kita pasti googling. Dengan MusiXmatch, ketika saya memutar lagu, lirik lagu akan terbuka dengan sendirinya. 99% lirik lagu pasti sesuai dengan judul lagu yang diputar.


2. MusiXmatch juga menyediakan fitur Floating Lyrics. Ketika memutar lagu menggunakan music player yang sudah tersedia di smartphone, sebuah kotak akan muncul pada layar, yang berisikan lirik dari lagu yang sedang diputar. Saya lebih suka mendengarkan lagu dengan music player yang sudah tersedia di HP. Jadi floating lyrics ini sangat berguna bagi saya.


3. Ketika kita sedang mendengarkan radio/film, lalu mendengar lagu yang baru dan enak, kita pasti ingin mendownload lagu tersebut. Tapi bagaimana cara kita tau judul lagunya? MusiXmatch juga dapat mencari judul lagu apa melalui microphone smartphone melalui  menu Identify Music. Ketika saya sedang mendengarkan radio/menonton film, lalu saya ingin tau judul lagunya, saya bisa tau langsung apa judulnya dengan aplikasi ini.


4. Kita ingat dengan lirik lagu tetapi lupa judul lagunya apa? MusiXmatch juga dapat mencari judul lagu dengan memasukkan lirik lagunya saja.



Nama : Cynthia Dewi Tejakusuma
NRP   : 5115100074

9 komentar:

  1. Disetiap aplikasi pasti memiliki kekurangan, lalu apa kekurang pada aplikasi ini??


    Nuzul Ayu Safitri/5115100014

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangannya adalah untuk fitur identify music, hanya 75% aplikasi ini dapat memunculkan judul lagu yang diputar.

      Delete
  2. apakah app ini hanya bisa memunculkan lirik dan mencari tau sebuah judul lagu? apakah app ini bisa untuk mendownload lagu secara gratis? -rizka 114

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memutar lagu/sebagai Music Player. Tetapi tidak bisa digunakan untuk mendownload lagu.

      Delete
  3. saya juga menggunakan aplikasi musiXmatch di hp saya dan saya juga terbantu karena dapat menampilkan lirik dari lagu yang saya putar , namun saya belum pernah menggunakan fitur Identify Music, bisakah lebih dijelaskan lagi bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?
    dwi irsalina/5115100004

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ingin tau judul dari sebuah lagu, kita dapat membuka aplikasi ini lalu memilih menu identify music. Aplikasi ini akan identify dan menampilkan secara langsung judul lagunya.

      Delete
  4. Bagaimana kalau lagu yang diputar arab, tetapi tulisan arabnya tidak muncul,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lirik lagu akan ditampilkan dalam bentuk romanized

      Delete