Thursday, October 22, 2015

FREE CALL and MESSAGE : LINE





             Line merupakan teknologi yang paling berkesan. Kenapa line? Karena lmenurut saya line merupakan aplikasi android yang memiliki fitur yang sangat bervariasi dan lengkap, bagaimana tidak, pada line sudah tersedia fitur untuk mengobrol (chat), menelpon (call), dan menelpon dengan video (video call).
            Lalu kenapa dengan fitur – fitur tersebut?apa yang membuatnya berkesan? Bukankah ada aplikasi lain yang memiliki fitur yang serupa?Memang banyak aplikasi yang sejenis, seperti skype, namun saya lebih menyukai mengunakan line karena sering menggunakannya dalam kehidupan sehari – hari, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi lain yang dapat memenuhi memori hp. Terlebih, saat ini banyak diskusi – diskusi melalu media line, seperti grup angkatan, grup kelas, kelas kuliah umum dimana satu kelas terdiri dari berbagai macam jurusan, sehingga bisa dibayangkan bagaimana susahnya memberikan informasi kepada seluruh kelas?Nah dengan adanya line dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi dan yang paling utama para maba pasti mempunyai line ;).Selain itu dengan grup line dapat dilakukan diskusi meski anggotanya sedang ditempat tertentu, dan yang penting kita dapat saling mengingatkan, misal ada tugas,kuis ataupun bertanya di grup tersebut tentang materi yang belum dipahami.
            Fitur selanjutnya adalah call , apa kehebatannya? Jawabannya adalah kita tidak memerlukan pulsa bila kita ingin menelpon menggunakan, sehingga otomatis akan menghemat pengeluaran untuk membeli pulsa. Fitur call pada line hanya membutuhkan koneksi internet. Keunggulannya lagi, menelpon dengan line tidak perlu mengetahui nomor telepon orang yang akan dituju, namun hanya perlu id line dari orang yang tersebut. 

            Selanjutnya adalah video call. Fitur yang satu ini adalah fitur favorit saya, kenapa?karena saya merupakan “anak rantau” , sehingga tidak memungkinkan saya pulang setiap hari. Sebagai maba saya sering merasakan homesick. Karena tidak memungkinkan untuk pulang, maka saya memilih melakukan video call dengan orang yang saya sayangi di rumah. Video call ini sangat membantu mengurangi rasa homesick saya, karena saya bisa melihat keadaan rumah, mendengar suara orang tua saya dan tentu wajah beliau. Seakan – akan saya sedang berbicara langsung dengan mereka. Ini dapat meningkatkan semangat saya dan konsentrasi saya karena saya telah "berbicara secara langsung" dengan orang tua saya melalui line
            Itulah uraian saya tentang teknologi yang paling berkesan untuk saya dan alasan mengapa memilih aplikasi tersebut. Pada dasarnya setiap orang memiliki kesan tersendiri terhadap aplikasi atau teknologi yang mereka gunakan. 



Nama  : Dwi Irsalina
             NRP : 5115100004   

5 komentar:

  1. bukankah line juga menghabiskan banyak memori? bukankah lebih lega bila kita ber-video call dengan seseorang melalui pc/laptop via skype? -rizka 114

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang line cukup menghabiskan memori hp, namun berhubung kualitas kamera di hp saya jauh lebih baik dibanding kualitas kamera di laptop *maklum laptop jadul :D, jadi saya lebih memilih menggunakan line di hp saya

      Delete
  2. Setau saya video call di line hanya bisa ke 1 contact saja. Bagaimana jika saya ingin video call dengan banyak orang?

    ReplyDelete
  3. Dengan siapa anda biasanya menggunakan aplikasi ini,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasa menggunakan applikasi ini terutama fitur video call nya dengan orang tua, kakak,dan teman yang dekat, kalau aplikasi chat saya menggunakan ke semua orang yang saya kenal :))

      Delete