Friday, October 23, 2015

WhatsApp Messenger



WhatsApp Messenger adalah aplikasi olahpesan ponsel lintas platform yang dapat digunakan untuk berkirim pesan, file, pesan, gambar, video, foto dan obrolan online. WhatsApp tersedia dalam Android, Blackberry, Windows iPhone, dan juga Symbian. WhatsApp juga merupakan salah satu aplikasi yang laris diunduh di Dunia khususnya bagi pengguna Smartphone. Aplikasi ini tidak memerlukan pulsa seperti sms untuk mengoperasikannya, karena hanya memerlukan paket data internet (EDGE / 3G / 4G) atau wifi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan WhatsApp:

1. Kestabilan Koneksi

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G atau wifi untuk menjalankannya. Aplikasi WhatsApp ini tidak keluar (quit) saat tidak ada koneksi internet. Anda dapat melihat kontak maupun perbincangan dengan teman Anda walaupun tidak ada koneksi internet. Seperti pada BlackBerry Messenger, apabila tidak ada koneksi internet, Anda tetap dapat membuka aplikasi tersebut tapi saat Anda coba untuk mengirim pesan, terdapat tanda jam yang menandakan pesan Anda ditunda pengirimannya sampai terdapat koneksi internet.


2. Notifikasi

Terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru di bagian pengaturan. Anda dapat memilih menampilkan pesan baru secara Pop Up atau hanya tampil di notification Area. Anda pun dapat mengatur suara panggilan di bagian pengaturan.


3. No HP sebagai PIN

Berbeda dengan BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Di WhatsApp untuk menambahkan teman, no hp teman Anda yang diperlukan. Menariknya, Anda tidak perlu menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Cukup isi daftar Phonebook Anda dengan teman Anda beserta no hp nya, dan lakukan sinkronisasi dengan menekan tombol refresh di option saat berada di daftar teman (+). Nah, apabila teman Anda terdaftar menggunakan no HP tersebut, WhatsApp akan mencarinya sendiri dan menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Saat pertama kali menginstallnya, Anda akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis. WhatsApp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila no hp teman Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.


4. Tanda pesan terkirim dan sudah dibaca

Fitur ini mirip sekali dengan BlackBerry Messenger. Kalau di BlackBerry Messenger menggunakan tanda D dan R, di WhatsApp menggunakan tanda centang. Centang 1x artinya terkirim ke server, centang 2x artinya sudah terkirim ke HP lawan bicara. Apabila tidak koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda. WhatsApp dapat mengirim file-file seperti : 1. Foto (langsung dari kamera, file manager dan media galery) 2. Video (langsung dari video kamera, file manager dan media galery) 3. Audio (langsung merekam suara, dari file manager, dari music galery) 4. Location (Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps) 5. Contact (mengirim detail kontak dari phonebook).


Salah satu alasan saya sangat terkesan dengan aplikasi ini karena WhatsApp merupakan aplikasi sosmed pertama yang saya miliki. Semua dapat terhubung dengan WhatsApp, dengan WhatsApp ini saya dapat bertemu kembali dengan teman-teman SD saya yang ada di Jember. Jadi ceritanya, bertahun-tahun saya lost contact dengan teman-teman saya, saya hanya memiliki satu kontak teman dekat saya. yang kebetulan nomor hp nya masih aktif sampai sekarang. Karena WhatsApp ini memiliki fitur sinkronasi kontak sesama pengguna WhatsApp saya dapat terhubung kembali dengan teman saya. Lalu saya diinvite ke dalam grup angkatan saya.



Bukan hanya satu teman saja, saya dapat dipertemukan dengan hampir semua teman SD saya. Melalui WhatsApp ini.


Selain itu saya juga menyukai fitur jika seseorang sedang mengetik akan tampak di layar. Dengan begitu kita dapat mengetahui kita berkomunikasi secara dua arah.  

      


Selain itu kita juga dapat melihat last seen seseorang. Sehingga kita bisa lebih mendapat suatu kepastian. Gak enak juga kan kalau sudah chat tetapi tidak dibalas? Dengan adanya last seen seperti contoh gambar dibawah ini, maka percuma saja bila saya nge-chat Modemku kemungkinan tidak akan dibalas. Lebih baik saya nge-chat TC Irsa saja, pasti dibalas. Hehehehe^^

        


Itulah ulasan singkat mengenai pendapat saya tentang WhatsApp dan cerita singkat saya. Semoga bermanfaat. Terimakasih. :)



Nama: Rizka Annisa Kurnia Sari
NRP  : 5115100114

15 komentar:

  1. hhmmm,,cukup menarik.
    jadi whatsapp mempertemukan kamu dan segala macamnya itu._.
    tapi kenapa kamu masih menggunakan line?._.
    buat apa 2 messenger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. yap benar apa yang dikatakan mas tayar saya setuju dengan komen mas tayar dibawah (y)
      jadiii kedua messenger tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing" :)
      wa vs line=
      -bagi saya wa ini lebih 'enteng' gak mudah nge lag karena memorinya lebih kecil daripada line
      -grup line mampu menampung 200 orang, wa hanya 100 orang

      dengan begitu menurut saya wa itu lebih kecil lingkupannya, lalu kenapa saya menggunakan 2 messenger? jawabannya adalah untuk kebutuhan. dengan wa saya merasa lebih intim dengan member satu sama lain dlm suatu grup, orang" terdekat dan orang" di masa lalu saya pakai wa semua(?) wkwk

      sejujurnya saya baru bikin line itu saat saya masuk kuliah ini wkwk. ya sekali lagi, karena kebutuhan :)

      terimakasih atas pertanyaannya mas yasin :)))

      Delete
  2. Apa kelebihannya di banding yang lain? -Tegar 178

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihannya seperti yang dijelaskan diatas bahwa wa itu=
      1. bisa liat last seen seseorang
      2. lebih 'enteng' dan cepat terkirim daripada yg lain
      3. tidak perlu add friend dulu, kalau punya nomer hape seseorang bisa langsung aja chat atau free call
      4. banyak emot" unyu
      5. bisa tau orang yang kita chat itu uda baca apa belum, atau lagi typing
      6. bisa share apa ajaaaa lagu foto video location dll
      7. dan masih banyak hal lainnya wkwk

      terimakasih atas pertanyaannya mas tegar :)))

      Delete
  3. Menanggapi pertanyaan dari mas azka yasin, saya (bukan penulis) menurut saya lebih enakan whatsapp meseenger kalau dari segei kesimplean dan kecepatan kirim pesan, tapi kalo segi grup sih memang enak line. CMIIW :3
    Achmadaniar AR/5115100094

    ReplyDelete
  4. setuju dengan pendapat penulis, dengan whatsapp saya tetap dapat berkomunikasi dengan teman lama selama masih menyimpan no.hp mereka, selain itu saya menggunakan whatsapp hanya dengan orang- orang yang benar-benar saya kenal :)

    ReplyDelete
  5. Adakah kekurangan dari Whatsapp?

    ReplyDelete
  6. setelah anda menggunakan line, lebih nyaman line atau WA? -054-

    ReplyDelete
  7. saya merupakan pengguna aplikasi ini, tapi yang saya tidak suka dari aplikasi ini adalah langsung menyimpan ketika kita menerima pesan media, hal ini membuat kouta saya menipis. bagaimana pendapat anda tentang itu? dan adakah cara agar pesan media tidak langsung tersimpan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pengaturan simpan otomatisnya kok. Ntar hilangin aja centangannya

      Delete
    2. Ada pengaturan simpan otomatisnya kok. Ntar hilangin aja centangannya

      Delete
    3. Ada pengaturan simpan otomatisnya kok. Ntar hilangin aja centangannya

      Delete