Friday, October 23, 2015

Karena Waktu Adalah Pedang



Assalamu’alaikum w. w.

Alhamdulillahirabbil’alamin anda masih dianugerahi kesehatan oleh Allah SWT sehingga anda masih bisa membaca tulisan ini.

Waktu adalah pedang? Ya karena jika kita tidak bisa mengelola waktu dengan baik maka waktu akan menebasmu seperti ucapan imam syafi’i “Waktu laksana pedang. Jika engkau tidak menggunakannya, maka ia yang malah akan menebasmu. Dan dirimu jika tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia-sia.” Jadi kita dituntut untuk bisa mengelola waktu dengan sebaik mungkin karena waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita ulang kembali dan kalau tidak bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin maka hal itu bisa membuat kita melakukan sesuatu yang sia-sia.

Lantas bagaimana agar kita dapat mengelola waktu dengan baik sehingga waktu yang kita gunakan akan menjadi bermanfaat dan tidak sia-sia?

Teknologi kini semakin canggih, banyak sekali penemuan-penemuan teknologi terbaru yang sangat canggih dan dapat membuat mulut ini melongo ketika kita melihatnya. Diantara semua teknologi yang ada, terdapat teknologi sederhana yang sangat berkesan bagi saya serta dapat menjawab persoalan dari masalah yang akan kita bahas.

https://ecs12.tokopedia.net/newimg/cache/300/product-1/2014/10/16/162967/162967_41bbef84-5544-11e4-a8db-ae6b2523fab8.jpg
Teknologi sederhana tersebut adalah jam tangan dimana dia hanya menampilkan waktu yang sekarang sedang berjalan atau terjadi menggunakan tiga buah jarum yaitu detik, menit dan jam. Dulu pada waktu saya smp saya tidak menggunakan jam tangan dalam kehidupan sehari hari bersekolah. Namun pada saat saya sma, seluruh siswa di sekolah saya diwajibkan untuk menggunakan jam tangan sebagai atribut atau pelengkap seragam. Tentu bagi saya yang baru masuk sma mengenakan jam tangan adalah hal yang asing dimana ada suatu benda menempel di pergelangan tangan kiri saya. Namun rupanya pihak sekolah tidak asal-asalan mewajibkan siswa siswinya untuk mengenakan jam tangan. Dibalik itu semua terdapat manfaat yang sangat besar.

Manfaat itu diantaranya dapat membuat kita dapat mengelola waktu dengan baik karena dengan jam tangan kita dapat membuat jadwal kegiatan dengan memperkirakan kapan kita akan melakukan suatu hal. Hal itu juga dapat membuat kita menjadi pribadi yang disiplin dan lebih menghargai waktu. Selain itu jam tangan dapat membuat kita lebih tepat waktu misalnya pada saat kita melihat jam tangan dan ternyata sepuluh menit lagi kelas sistem dan teknologi informasi akan dimulai sedangkan perjalanan dari kos ke kampus sekitar 9 menit sedangkan kita dalam kondisi belum mandi maka kita akan memutuskan untuk tidak mandi demi tidak telat masuk kelas STI.

Oleh karena semua manfaat yang dapat kita peroleh dari jam tangan saya terkesan dan sampai sekarang saya masih setia menggunakan jam tangan untuk keperluan sehari hari agar semua kegiatan saya dapat tersusun dan terjadwal dengan baik.

http://76.my/Malaysia/limited-edition-june-13-g-shock-white-black-ga-110gw-7ajf-ga-110gw-esupply-1306-05-Esupply@13.jpg
Jam tangan kini memiliki banyak variasi bentuk, warna, ukuran, kualitas dan variasi harga tentunya. Sehingga kita dapat membeli jam tangan sesuai dengan selera dan kemampuan kita. Kini teknologi jam tangan pun sudah canggih. Jam tangan kini dibekali dengan banyak fitur yang berguna agar kita dapat mengelola waktu dengan lebih baik. Fitur fitur itu antara lain penampil waktu digital, kalender, alarm, timer, stopwatch, water resist dan lain lain. Bahkan kini ada teknologi smartwatch yang berfungsi hampir sama seperti smartphone tetapi dengan bentuk jam tangan. Tentunya smartwatch memiliki banyak sekali fitur seperti halnya smartphone yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

http://media.engadget.com/img/products/519/b53v/b53v-800.jpg
 

Dengan jam tangan kita dapat menahan tebasan pedang sang waktu tersebut. Atau mungkin anda yang akan menebas sang waktu tersebut?

Semoga anda dapat lebih baik mengelola waktu dan lebih  menghargai waktu.

Sekian.
Terimakasih.

Ada lebihnya datang dari Allah SWT, kurangnya murni kesalahan saya.

Wassalamu’alaikum w. w.



Farza Nurifan
5115100019

2 komentar:

  1. Ya, waktu memang suatu hal yang sangat rentan, yang tak pernah mau kembali bagaimanapun caranya... Pada artikel, anda sedikit menyinggung mengenai smartwatch (melalui gambar), bisakah sedikit menambahkan cara kerja smartwatch itu sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara kerja smartwatch mirip dengan smartphone hanya saja ia berbentuk jam tangan dan dengan layar yang lebih kecil dari smartphone pada umumnya. Terimakasih atas pertanyaannya.

      Delete