Thursday, October 22, 2015

Muslim PRO



Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Sebagai seorang mahasiswa yang seringkali sibuk dengan kegiatan kampus dan tugas hingga lupa waktu, ataupun sebagai penggiat alam yang seringkali tak terjangkau dengan suara Adzan dan tidak mengetahui arah kiblat, suatu aplikasi di android memiliki solusinya. Aplikasi tersebut bernama Muslim Pro.
Apa hubungannya antara sibuk, tak terdengar suara adzan, mendeteksi arah kiblat dengan aplikasi tersebut?
Ya, karena aplikasi Muslim Pro memiliki fitur-fitur untuk memenuhi masalah-masalah tersebut. Menurut saya Muslim Pro adalah aplikasi terlengkap untuk para muslim di seluruh dunia dalam memenuhi kebutuhan reminder ibadahnya.
Beberapa fitur yang dimiliki Muslim Pro adalah:


  1. Prayers

    Prayers adalah fitur untuk mengetahui jadwal-jadwal Sholat di berbagai daerah dengan menentukan dimana lokasi yang sedang anda tempati. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan berbagai notifications. Kita bisa memilih apakah notifikasi hanya di mute dan muncul di bar notifikasi smartphone, dengan mode getar, dan dengan mode suara adzan yang sesungguhnya.
    Kalau saya sendiri, saya memilih mode getar untuk waktu Sholat Dzuhur, Ashar, dan Isya. Untuk waktu Sholat Maghrib dan Subuh, saya memilih notifikasi dengan suara adzan yang sesungguhnya.
  2. Qibla

    Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk menemukan arah kiblat dari tempat kita berada. Fitur ini sangat berfungsi saat saya sedang berada di gunung  karena tak ada petunjuk dimana arah kiblat berada. Namun untuk fitur ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya membutuhkan koneksi internet sehingga yang terkadang menjadi tidak berguna di tempat-tempat tertentu yang tidak mendapat sinyal untuk internet padahal kita membutuhkannya. Selain itu, fitur ini tidak bekerja dengan baik dan cenderung memberi arah yang salah apabila ketika mendeteksi arah kiblat di sekitar kita terdapat metal dan sebagainnya.
  3. Qur'an




    Fitur ini sangatlah bermanfaat ketika kita harus berpergian dan kita membutuhkan kebutuhan rohani untuk tilawah atau sekedar mencari hikmah-hikmah di kandungan ayat dalam Al-Qur'an. Index fitur ini pun beragam, ada yang per-surat maupun per-juz. Terdapat pula fasilitas bookmark dan last read, sehingga tidak perlu repot mencari dimana terakhir kali ayat dan surat yang kita baca. Selain itu terdapat pula fasilitas pengingat membaca satu ayat beserta artinya di setiap harinya. Sehingga, ketika kita lupa atau tidak sempat untuk tilawah, setidaknya ada reminder untuk membaca ayat tertentu dan mendalami maknanya meskipun hanya satu ayat.
  4. Calender

    Fitur ini dapat menampilkan kalender hijriah dan masehi secara bersamaan. Hingga kita tahu, sudah tanggal berapa di hijriah kah disaat tanggal masehi saat itu. Terdapat pula jadwal-jadwal tanggal-tanggal penting dan hari besar Islam
  5. References.
    Terdapat beberapa referensi mengenai hadits, do'a, dzikir, Al-Qur'an serta Asmaul Husna

    a. Names

    Fitur ini berisi Asmaul Husna beserta artinya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk Dzikrullah.

    b. Quran
    Seperti yang sudah disebutkan diatas.

    c. Hisnul
    Berisi Beberapa do'a-do'a sehari-hari.
    d. Sahadah
    Berisi kaligrafi kalimat syahadat.





     
  6. Places

    Fitur ini berguna saat kita sedang dalam perjalanan (mudik contohnya) dan tidak mengetahui dimana letak masjid terdekat. selain mengetahui letak masjid, fitur ini juga bisa menampilkan letak restaurant dan sebagainya

  7. Cards


    Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan Greeting Islam Card / Gambar Kartu Islam yang bisa di sertai dengan nama kita untuk bisa dikirimkan ke keluarga, sanak saudara, teman, kerabat kita.

    Selain fitur-fitur diatas, terdapat pula fitur notifikasi yang menjadi tujuan utama saya menggunakan apliaksi ini. Berikut merupakan bentuk notifikasi yang mampu menjadi pengingat kita sehari-hari


    Muslim Pro juga menyediakan fasilitas premium yang memiliki fasilitas lebih unggul dibanding yang reguler


    Sekian sharing suatu aplikasi yang bermanfaat bagi saya.
    Wassalamu'alaykum Wr. Wb.


    Tsabit Al-Bunani berkata, “Beruntunglah orang yang banyak mengingat kematian. Tidaklah seorang yang memperbanyak mengingat kematian melainkan pasti tampak pengaruhnya di dalam amal perbuatannya.”

Purina Qurota Ayunin
5115100008

4 komentar:

  1. Subhanallah ukhti, terima kasih infonya:) Aplikasi keren nih, lengkap bgt. Semoga dengan adanya aplikasi Muslim PRO ini membuat kita semua benar-benar menjadi muslim yang profesional, aaamiinnnn
    Oh ya, saya kan penasaran bagaimana tampilan aplikasi ini, kalau bisa dikasih gambar-gambar screenshotannya dong hehe
    Teima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dilengkapi saran dari ukhti, silahkan dilihat lagi :3

      Delete
  2. MashaAllah, terimakasih infonya, Ukhti :)

    ReplyDelete
  3. Biar getarnya hilang pas ada notif azan bagaimana caranya Ukhti?

    ReplyDelete