Thursday, October 22, 2015

DOTA 2


DOTA 2 adalah permainan strategi dimana kita harus bekerja sama dengan pemain yang ada dalam satu tim untuk menjatuhkan ancient lawan, dalam satu tim terdiri dari 5 orang, namun dalam DOTA2 sekarang terdapat fitur coach. jadi dalam satu pertandingan bisa terdapat sampai 12 player, 10 pemain dan 2 coach, 1 di setiap tim. DOTA 2 merupakan versi terbaru dari DOTA yang dulunya merupakan satu kesatuan dengan WARCRAFT III. DOTA dan DOTA 2 tidak jauh berbeda dari segi HERO (sebutan karakter atau unit pada game yang bisa kita kendalikan) yang dapat kita pilih dan item yang dapat kita beli. Namun pada DOTA 2 visual yang ditampilkan jauh lebih bagus dan sistem pembelian item yang lebih mudah (akan dijelaskan nanti). Untuk lebih jelasnya mari kita lihat perbedaan DOTA dan DOTA 2 di bawah ini :
Level
Pada DOTA 2, setiap kita selesai memainkan sebuah game, maka kita akan mendapatkan Battle Point (BP). Jumlah BP yang kita dapatkan bergantung dari lamanya menit kita bermain. Semakin lama game berlangsung, maka semakin banyak pula BP yang ktia dapatkan. Apabila BP sudah mencapai 1000 point, level kita akan naik satu tingkat. Level ini berguna untuk mendapatkan item rare (langka) pada saat selesai memainkan game. Makin tinggi level yang kita miliki, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan item rare yang kita dapatkan. Level yang dimaksud adalah level ID, semakin tinggi level kita, kita akan mendapatkan bonus item yang lebih bagus pula.
Berikut contoh screen pada profile DOTA 2, terdapat keterangan Wins, level, match history, commend, dan lain lain. 

(source gambar www.google.com)

Matchmaking
Berbeda dengan DOTA, DOTA 2 menggunakan sistem matchmaking untuk bermain dalam suatu game. Sistem pada steam akan secara otomatis mencari server yang ada untuk kita bermain. Ketika sistem sudah menemukan server tempat kita akan bermain, maka kita akan diberikan pilihan untuk accept atau decline untuk bermain di server tersebut. Namun saat pemain memilih untuk mendecline match, akan dikenai pinalty atau sanksi berupa tidak dapat finding mach selama kurang lebih 10 menit sampai bisa 24jam bahkan lebih.
Dalam matchmaking DOTA 2 kita juga disuguhkan dengan beberapa customize, seperti memilih region, jenis maps,game mode, dan bahasa.
 
 (source gambar www.google.com)

Customize Hero
Pada DOTA 2 kita dapat merubah tampilan HERO sesuai dengan keinginan kita. Yaitu dengan merubah equip pada tampilan hero menggunakan item yang ada. Contoh sederhananya adalah kita dapat mengubah jubah yang dipakai Furion ataupun pedang yang dimiliki oleh Sven dengan pedang yang kita dapatkan ataupun dengan cara membelinya dari STORE. Item ini tidak berpengaruh pada HERO yang kita mainkan selain hanya tampilan HERO yang lebih cantik dan elegan. Tidak seperti game online lain, Steam menjual hanya berupa skin/merubah tampilan, tidak ada efek yang merubah kekuatan, demage, atau lainnya. Namun beberapa item dapat merubah animasi skill dalam game.
 
(source gambar www.google.com)

Sistem Pembelian Item
Sistem pembelian item pada DOTA 2 sangat mudah jika dibandingkan dengan DOTA. Kita dapat mengetahui item apa saja yang direkomendasikan untuk HERO yang kita pakai (dapat kita edit sendiri) sebagai referensi dalam pembelian item. Dan kita hanya perlu klik kiri pada resep item untuk membeli item tersebut. Jadi jika kita akan membuat Power Treads, kita tidak perlu membeli secara terpisah Boots, Belt Of Strength dan Glove of haste. Kita hanya perlu membeli resep Power Treads, maka sistem akan otomatis membeli item-item yang dibutuhkan, tentu saja gold yang dibutuhkan harus memenuhi. Kita juga dapat mengetik item apa yang ingin dibeli pada shop di dalam base.
 
 (source gambar www.google.com)

Keyword Skill
Tombol cepat untuk mengakses skill pada HERO cukup simple pada DOTA 2. Kita hanya perlu mengingat 4 keyword (secara umum, ada beberapa hero yang mempunyai 6 keyword), yaitu Q, W, E dan R. Q untuk tombol cepat skill pertama, W untuk tombol cepat skill kedua, E untuk tombol cepat skill ketiga, dan R untuk tombol cepat skill ultimate hero.
berikut contoh screen saat ingame.
 
 (source gambar www.google.com)
 
 DOTA 2 REBORN
 
Tapi kini DOTA 2 mengalami update yang cukup besar , pihak steam melakukan update pada engine untuk merubah tampilan DOTA 2 menjadi lebih halus lagi, dan menambahkan lebih banyak fitur baru, seperti mini games, kita dapat mencoba set yang ada tanpa harus membelinya, demo hero, dan lain sebagainya.
 
(source gambar www.google.com)
 
ingin merasakan serunya DOTA 2 Reborn ? silahkan kunjungi website steam dan mendownload DOTA 2 disana. DOTA 2 termasuk dalam game free to play jadi kita tidak harus mengeluarkan uang untuk bermain. namun karena alasan keamanan, steam mengharuskan kita mengeluarkan uang sebesar $5 agar kita mendapatkan fitur seperti trade, add friends, dll.

kenapa saya menulis artikel tentang DOTA 2 ? menurut saya DOTA 2 termasuk dalam game yang merubah masa depan, maksudnya orang orang beranggapan bahwa game hanya menyebabkan kecanduan yang tidak berarti. namun dalam DOTA 2 kita dapat juga menghasilkan uang dari turnament, atau jual beli item. Di Indonesia juga banyak sekali pemain DOTA 2, namun sangat sedikit yang dapat mengikuti turnament dalam skala internasional. semoga untuk kedepannya e-Sport dapat lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, dan dapat membuat bangga Indonesia di kancah internasional.

Sumber : 
www.google.com
https://dota2guideindonesia.wordpress.com/2012/08/12/apa-itu-dota-2/

Nama : Narendra Haryo Bismo
NRP : 5115100009

6 komentar:

  1. Gamenya bagus, karena banyak sekali penggunanya di indonesia maupun diluar indonesia, kalo misalnya aku pejuang modem colok bakal butuh kouta banyak gak buat main game ini?

    ReplyDelete
  2. Sudah dapat penghasilan berapa dari game ini gan?

    ReplyDelete
  3. gamenya sangat bagus.. grafiknya lebih bagus dari game dota seblemunya.. dota 2 sangat nice untuk dimainkan :) (y)

    ReplyDelete
  4. Kalau boleh tau, berapa spesifikasi minimum untuk menjalankannya?

    ReplyDelete