Friday, October 23, 2015

GOOGLE DRIVE : Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini

Teknologi informasi yang paling bermanfaat bagi saya?
Tentu saja GOOGLE DRIVE, salah satu Cloud Storage milik google ini lah jawabannya. Apa sih itu? Penasaran kan? Makanya yuk yuk baca. Semoga bermanfaat:)

SEKILAS TENTANG CLOUD STORAGE

Media penyimpanan segala jenis data

Dilihat dari namanya, Cloud Storage terdiri atas 2 kata yaitu “Cloud” dan “Storage”. “Cloud” berarti awan, merupakan sebuah ibarat kata dari Internet. Internet diibaratkan layaknya sebuah awan yang luas yang mampu menampung banyak hal, mulai dari informasi hingga program-program dalam satu tempat dan dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh banyak orang. Sedangkan “Storage” berarti penyimpanan atau media penyimpanan. Jadi secara umum Cloud Storage dapat diartikan sebagai

“Teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki”

Kalian tahu flashdisk? Hard disk external? Compact disk? Yap seperti itulah Cloud Storage! Jika flash disk adalah versi offfline-nya, maka Cloud Storage adalah versi online-nya. Cloud Storage memanfaatkan adanya server virtual sebagai media penyimpanan. Ia juga tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Yang anda perlukan untuk mengakses file digital hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet.

Contoh Cloud Storage? Banyak banget, ada Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, Copy, iCloud, Microsoft SkyDrive, SugarSync, Amazon Cloud Drive dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya bahas disini terkhusus pada Google Drive.

GOOGLE DRIVE


Platform yang didukung : Windows, Mac, Android, Web, iOS (segera), Linux (segera).




Google Drive merupakan salah satu layanan Cloud Storage yang dimiliki oleh Google. Ketika awal mendaftar, kita akan mendapatkan kapasitas penyimpanan secara cuma-cuma sebesar 15GB. Kapasitas tersebut tidak hanya untuk menyimpan file-file saja, namun juga termasuk untuk menyimpan data Gmail, foto yang diunggah ke Google+, serta dokumen yang dibuat di Google Docs. Yah kok cuma segitu kapasitasnya? Kurang? Mudah saja. Kita tinggal membuat akun baru lagi atau bisa juga memilih layanan premium dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Selain itu, Google Drive juga memiliki layanan built-in office suite sehingga kita dapat membuat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan Power Point secara langsung, tidak perlu mengedit di office dulu kemudian di upload kembali.

Drive utama

Sekilas cara upload file :

1 = Membuat folder baru
2 = Mengunggah file
3 = Mengunggah folder
4 = Membuat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan Power Point 
Mengunggah file
Progress unggah file
Membuat dan mengedit dokumen secara langsung

Dengan Google Drive ini, saya merasakan berbagai keuntungan :

  1. Kemudahan mengakses data di mana saja dan kapan saja asalkan ada laptop, gadget atau komputer dan jaringan internet. Flashdisk ketinggalan padahal ada file tugas yang harus dikumpulkan atau dipresentasikan hari itu di dalamnya? Jika anda pelupa akut seperti saya, ada baiknya anda mulai menggunakan salah satu layanan Cloud Storage. Namun saya menyarankan Google Drive. Kenapa? Karena dalam Google Drive ini ada salah satu fitur yang saya senangi yaitu Desktop Sync Clients, layanan sinkronisasi data otomatis melalui folder khusus di dalam desktop. Jadi, file apapun yang kita letakkan di dalam folder tersebut akan terunggah di Google Drive secara otomatis. Tidak perlu repot-repot membuka drive.google.com kemudian mengupload blablabla, iya kalau ingat untuk mengupload, kalau lupa? Nah nah. Selain itu, Google Drive juga menyediakan layanan sinkronisasi otomatis di handphone, asalkan kita mengunduh aplikasi Google Drive terlebih dahulu.

  2. Folder Google Drive
    Desktop Sync Clients
    Google Drive juga berada di taskbar(?) lupa namanya

  3. Mencegah KEHILANGAN Data. Yap, kehilangan data merupakan salah satu musibah bagi orang IT, begitu kata dosen saya. Oleh karena itu, marilah mulai sekarang kita menggunakan Cloud Storage. Data-data kita dijamin aman, tidak akan hilang dan tidak akan rusak.

  4. Data tugas SMA saya yang tersimpan di Google Drive

    Penyimpanan foto
  5. Adanya fitur berbagi-pakai. Inilah fitur kedua yang saya senangi. Kita tidak perlu repot-repot meminta file ke teman kita atau sebaliknya. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif. Selain itu, fitur ini juga akan sangat memudahkan dalam membagikan suatu file ke banyak orang. Kita hanya perlu mencopy URL file-nya, dan mereka tinggal mengunduhnya di PC masing-masing.

  6. Inilah Fitur Berbagi Pakai (Namun saya belum pernah menggunakannya ehe, saya hanya sering mengunduh file punya orang yang dia letakkan di Google Drive) 
Akan tetapi, disamping memiliki banyak keunggulan, Cloud Storage juga memiliki kekurangan yaitu terletak pada hal keamanan. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati dengan memberikan password, tetap tak menutup kemungkinan akun kita akan dibuka orang lain secara paksa (di-hack) dan file-file penting kita dicuri oleh mereka. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Cloud Storage juga tidak akan bisa diakses tanpa jaringan internet, dengan kata lain kita akan sangat bergantung pada jaringan internet. Percuma saja sudah menyimpan di Cloud Storage, namun tidak bisa diakses di daerah yang tidak memiliki jaringan internet.

Hingga saat ini teknologi Cloud Storage masih terus dikembangkan dalam hal ragam pelayanannya. Beberapa penyedia Cloud Storage yang mengkhususkan pada jenis file tertentu seperti Cloud Storage music atau Cloud Storage gambar juga semakin banyak bermunculan. Perkembangan dari teknologi penyimpanan data digital tersebut nampaknya tidak akan pernah berhenti dan akan semakin canggih dari hari ke hari.


Bagaimana guys? Tertarik untuk mencobanya?



Referensi :


HAFARA FIRDAUSI
5115100043

4 komentar:

  1. boleh juga dicoba gan._.
    tapi ketika servernya masih dalam keadaan normal dan internet kita sangat kencang,,apakah server donlodnya akan sangat kencang?
    mohon penjelasannya dong untuk speed downloadnya._.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  2. karena begitu banyak aplikasi cloud storage ini, terkadang saya bingung harus memakai yang mana. Ada saran tidak untuk menggunakan cloud storage mana yg jika dinilai dari segi waktu, memori, kemudahan aksesnya lebih efisien?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suggest pake dropbox kalo nyimpen file file dibawah 10MB

      Delete
  3. Ini salah satu teknologi yg sangat berguna bagi saya, kalo saya dulu pake skydrive tapi kalau sekarang yg bagus kayaknya google drive. Google drive mudah diakses, bisa menggunakan aplikasi atau melalui web, kecepatan upload/dowbload relatif cepat, kapasitas penyimpanan juga cukup besar bagi user yg gratis.

    ReplyDelete