Friday, October 23, 2015

RPG Maker


Sebagai anak IT, sudah maklum jika kita pernah terpikir untuk membuat game sendiri, dan saya pernah merasakannya. Dulu saat SMA, saya pernah terpikir untuk membuat game, dengan dasar yang bisa dibilang tidak ada sama sekali, saya pun nekad Googling untuk mencari cara bagaimana untuk membuat game bagi pemula. Dicari dan dicari, bertemulah saya dengan sebuah program yang bernama RPG Maker.

RPG Maker adalah program buatan ASCII grup yang sekarang dilanjutkan oleh Enterbrain. Program ini memungkinkan orang-orang dengan pengetahuan scripting yang hanya sedikit untuk membuat gamenya sendiri. Sesuai dengan namanya, RPG Maker di fokus kan untuk membuat Role Playing Game (RPG). Di dalamnya sudah disediakan berbagai resource untuk kita gunakan dalam pembuatan game, termasuk script, sprites, map tiles, item list, background, music,dll. Diluar itu, tentu saja memungkinkan untuk pengguna yang lebih advance untuk menggunakan script maupun resourcesnya sendiri untuk game yang lebih kompleks. User Interface yang friendly juga menjadi salah satu nilai plus program ini, saya yang pemula saja dapat cepat mengerti.

Sejak pertama kali dikeluarkan pada tahun 1992, sudah banyak versi RPG Maker yang dikeluarkan. Antara lain:
  • RPG Maker 95
  • RPG Maker 2000
  • RPG Maker 2003
  • RPG Maker XP
  • RPG Maker VX
  • RPG Maker VX Ace
  • RPG Maker MV (23 Oktober 2015, ya, hari ini)

Jika kalian tahu Corpse Party, game ini pertama kali dibuat
dengan RPG Maker pada tahun 1996 untuk PC.
Bagi orang yang sangat menyukai RPG seperti saya (terutama game-game lama di PSOne dulu) program ini sangat berkesan dan memberi saya pengalaman pertama membuat game. Mungkin terlihat mudah,terutama dengan berbagai fitur yang diberikan RPG Maker, tapi sebenarnya untuk membuat sebuah game sederhana saja membutuhkan usaha dan dedikasi yang tidak sedikit. Bagi kamu-kamu yang suatu hari ingin membuat gamemu sendiri, apakah kamu sudah siap?
Contoh map yang saya buat dengan RPG Maker.
Note: bagi yang ingin tahu nasib game yang saya buat, kandas di tengah jalan karena event kacau dan kendala malas wkwkwk
Nama : William Budi Jiewandana
NRP : 5115100063
 

7 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Numpang tanya RPG Maker ini bisa buat platform apa saja ya?



    Yustian-5115100058

    ReplyDelete
  3. Untuk game hasil buatannya gan? Kalo sepengalaman ane, gamenya cuma buat windows gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa untuk android juga kok gan
      Di playstore ada lmyan bnyk game yg dibuat dgn rpg maker ^^

      William 5115100063

      Delete
  4. Gan ini ada RPG maker tapi bikinya game 3d gitu gak ? ._.
    Achmadaniar AR/5115100094

    ReplyDelete