Friday, October 23, 2015

Game Console Emulator

Game Console adalah suatu alat untuk memainkan video game yang dihubungkan ke monitor, biasanya TV, atau langsung di console tersebut sebagai tampilan atau outputnya. Game console sudah sangat berkembang pesat dari sejak generasi awal, Maganavox' Odyssey, hingga saat ini dengan adanya XBOX-One, Nintendo Wii-U dan Playstation 4. Perkembangan ini tidak berlangsung secara instan begitu saja. Game console berkembang secara bertahap hingga bisa sampai saat ini.

Emulator, atau Software Emulator adalah suatu perangkat lunak yang memungkinkan suatu program atau perangkat lunak yang dibuat awalnya untuk suatu sitem tertentu untuk dijalankan di sistem lain. Contohnya Wine, adalah emulator yang bisa menjalankan program untuk Windows di sistem operasi Linux. Dan yang paling popular dan akan saya bahas disini adalah software emulator yang bisa menjalankan permainan dari console game seperti playstation, nintendo, atari pada Windows atau PC, atau disebut Game Console Emulator. Contohnya ePSXe, PPSSPP, DeSmuME, Mupen64plus, Dolphin, Bluestack dan lain-lain.

Game Console Emulator memungkinkan komputer bekerja seperti hardware sistem yang diemulasikan. Akan tetapi untuk bisa memainkan game dari console tersebut kita perlu sebuah ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari cartridge atau disket sistem aslinya. Sehingga untuk tiap console tentu akan berbeda software emulator dan ekstensi file ROM yang diperlukan.

Akan tetapi, kebanyakan emulator tidak bisa meng-emulasi sistem yang ditirunya secara sempurna. contohnya adalah gambar yang kurang jelas karena resolusi layar yang berbeda jauh dari resolusi aslinya atau karena memang emulatornya belum sempurna. Kadang juga ada problem pada timing sehingga framerate menjadi lambat. Problem pada framerate juga bisa disebabkan karena kurangnya spesifikasi komputer yang digunakan untuk menjalankan emulator, atau karena memang game yang dijalankan membutuhkan sistem yang tinggi.

Game Console Emulator ini sangat berkesan bagi saya. Karena dengan adanya emulator ini, saya bisa bernostalgia memainkan game-game Playstation 1 yang dulu saya mainkan waktu masih SD. Saya juga bisa memainkan game dari console yang tidak bisa saya mainkan langsung karena tidak dibelikan orang tua saya, atau cuma minjem dari teman saja. Saya juga tidak harus mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah hanya untuk membeli console game yang belum termasuk gamenya.

Beberapa sumber yang biasa saya kunjungi untuk mendapatkan emulator dan ROM console game adalah EmuparadiseCoolROM, dan NicoBlog. Saya juga sedang menantikan keluarnya emulator beserta ROM dari console Nintendo 3DS.

Sekian dari saya, terima kasih.
Ronald Andrean
5115100174

4 komentar:

  1. Sangat menyenangkan bisa kembali bernostalgia dengan game game lama, sedikit saran jika boleh. Tambahain rekomendasi game yang menurut anda bagus lah, beserta link downloadnya, hehe

    ReplyDelete
  2. Sebagai penggemar game, saya sangat menghargai developer-developer game yang telah susah payah membuat game untuk masing-masing konsol dan dengan emulator, berarti anda sudah tidak menghargai para developer. bagaimana peendapat Admin mengenai hal ini?

    ReplyDelete
  3. Saya juga merasakan hal yang sama, tetapi ketika saya menggunakan emulator saya merasa tidak menghargai pembuat game, karena mengkonsumsi produknya dengan cara yang illegal.

    ReplyDelete
  4. Saya juga merasakan hal yang sama, tetapi ketika saya menggunakan emulator saya merasa tidak menghargai pembuat game, karena mengkonsumsi produknya dengan cara yang illegal.

    ReplyDelete