Thursday, October 22, 2015

Smartphone~~~

Di Era yang serba canggih saat ini, kita tidak bisa memungkiri akan kebutuhan kita yang semakin lama semakin meningkat.

Mulai dari yang paling simple saja. kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain meningkat, jika kita kembali ke masa lalu, pada era 70-80-an. Orang pada zaman tersebut masih berhubungan menggunakan surat. Efisiensi dari surat sangat kecil, tapi perjuangan untuk mengirimkan surat itu cukup perlu di apresiasi. (kalau kata orang orang sih, surat suratan itu romantis hehe..).




Nah kembali ke zaman sekarang, mulai tahun 2000-an handphone mulai beredar di kalangan masyarakat. Lapisan masyarakat mulai menggunakan handphone (walau sebelum handphone muncul terdapat sebuah "gadget" yang bernama pejer.(gambar disamping))
Nah, Setelah zamanya si Pejer itu tuh, handphone mulai merambat luas ke masyarakat. Orang orang mulai berhubungan menggunakan handphone, selain simple, kecil, dan bisa di gunakan dimana saja.(Kalau menggunakan telepon rumah kan terbatas jaraknya Hehehe..)

Nah Seiring Berjalannya waktu, fitur fitur dari handphone semakin di tingkatkan. Dahulu seingat saya fitur pada handphone itu adalah music player. Selang beberapa waktu, ditambahkan handphone terbaru dengan fitur kamera di dalamnya. semakin lama, seluruh fitur yang dirasa dahulunya jika di pecah satu satu adalah barang barang yang setara dengan isi kamar kita. sekarang telah berada di genggaman kita, yaitu "Smart Phone".

Teknologi dari smart phone sendiri sangat sangat lengkap, seperti yang saya sebutkan tadi, di dalam smartphone yang hanya segenggam tangan kita, tetapi memiliki fitur yang setara dengan barang barang seisi kamar kita, contoh : Music player, Camera, Penampil gambar dan video (DVD Player+ TV), Senter, Game Consol, Web Browser, Dan masih banyak lainya. Semakin lama, smartphone semakin bisa kita sebut sebagai PC dalam ukuran kecil di tangan kita.

Smartphone sendiri sangat banyak membantu saya dalam era sekarang ini. Era dimana alur laju informasi sangat tidak terbendung cepatnya. Jadi pengalaman saya yang paling berkesan dengan smartphone itu banyak sebenarnya, salah satunya adalah smartphone sendiri pernah menyelamatkan saya ketika saya pulang ke kampung halaman saya, dimana waktu itu belum ada koneksi internet yang bagus disana, dengan adanya smartphone, saya bisa tetap terhubung dengan teman teman saya, karena dalam smartphone sendiri, ada fitur Tethering dan Portable HotSpot, dimana kita bisa menjadikan smartphone kita sebagai Wi-Fi Adapter. Juga belakangan ini, ketika saya tersesat ketika berkendara, Peta pada Smartphone (Go*** **ps, W**e,DLL) menjadi penyelamat saya, karena dengan bertanya ke sekitar, selain menghabiskan waktu yang lebih banyak, kita juga tidak bisa memastikan apakah informasi yang diberikan itu tepat ke arah tujuan kita, atau tidak.

Dari segala sisi positif tentu terdapat sisi negatif, sisi negatif sendiri dari smartphone adalah, belakangan ini, smartphone yang dulunya berperan "Mendekatkan yang jauh", berubah peranya menjadi "Menjauhkan yang dekat". Semisal, ketika bertemu dengan teman atau sedang berkumpul, bukanya mengobrol langsung, orang orang akan sibuk dengan smartphonenya masing masing, jadi secara tidak langsung, smartphone menetapkan jarak konstan di antara kita.


Anak anak juga kehilangan indahnya masa kecil, indahnya bermain di kubangan lumpur (seru sih walau jorok wkwkwk), indahnya permainan masa kecil. Anak kecil saat ini lebih memilih bermain dengan smartphone dibandingkan menghabiskan waktunya diluar rumah.

Secara keseluruhan, Smartphone memiliki banyak sekali Manfaat, Bayangkan saja jika saat ini tidak ada Smartphone? kembali kepada diri kita, bagaimana menyikapi penggunaan Smartphone, memilih alur yang negatif kah? atau positif? (..R)



Nama  :  Rafi R. Ramadhan
NRP   :  5115100158            
   Kelas  :  C                             

0 komentar:

Post a Comment