Wednesday, December 13, 2017

Cita-cita : bukan hanya khayalan semata tetapi target kedepan

Makna cita-cita…

Apa itu cita-cita? sayapun tidak tau bagaimana cara menjelaskan kata "Cita-cita" melalui sebuah kata-kata. Saya berinisiatif mencari  makna kata cita-cita memalui KBBI Online,“Keinginan (kehendak) yang selalu ada di dalam pikiran” itu jawaban yang saya temukan di KBBI Online. Tidak puas dengan jawaban KBBI Online sayapun mencari arti cita-cita lewat Wikipedia, dan jawaban yang muncul sangat mencengangkan yaitu "Salahsatu aktris dan penyanyi indonesia". Itu mah cita-cita-ta wkwkwkw dasar mbah google. Setelah saya telusuri lebih lanjut, saya mendapatkan arti cita-cita versi yang lain yaitu "tujuan yang sempurna (yang akan dicapai atau dilaksanakan". Akhirnya saya berkesimpulan arti kata cita-cita menurut saya adalah sebuah tujuan yang sempurna yang ingin dilaksanakan setiap individu. 

Apa cita-cita saya?...

Saya menambahkana kata setiap individu, karena menurut saya cita-cita / keinginan yang ingin dicapai tiap individu itu berbeda-beda. Mugkin ada yang sama tetapi tidak sepenuhnya sama. Contohnya saya dari waktu ke waktu cita-cita saya berubah-ubah Polisi, PNS, Guru dan lain lain. Akan tetapi ketika saya memutuskan untuk kuliah di ITS jursan Teknik Informatika saya sudah membulatkan tekat ingin menjadi seorang programmer, lebih spesifiknya programmer aplikasi android. Saya juga berkeinginan bekerja di Google  salah satu perusahaa terbesar di dunia.
Alasan mengapa ingin menjadi programmer aplikasi android…
            Saya ingin menjadi android app developer karena saya menggunakan smartphone berbasis android, dan saya sangat menikmati fitur-fitur yang diberikan disuatu aplikasi. Tak jarang saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menelusuri fitur-fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi / Os android.

Kelebihan dan kekurangan…

            Saya sering mengoprek suatu aplikasi lewat aplikasi android lain yaitu apk editor. Lewat aplikasi ini saya dapat belajar arti kodingan suatu apk. Saya juga sering me-root hp saya sendiri agar bisa mendapatkan akses penuh terhadap smartphone android saya. Memang terkadang saya sering merusak sebuah aplikasi / Os android tapi hal itu bisa diatasi dengan mem-flash ulang smartphone saya. Saya selalu ingin tahu jika itu berhubungan dengan android sehingga saya selalu menikmati tiap waktu yang saya lewatkan untuk mengoprek sebuah app android. Kekurangan saya sendiri masih cukup banyak, saya belum bisa membuat aplikasi android sendiri yang full buatan saya, saya juga belum terlalu paham karakteristik tiap vendor app android, dan saya belum paham semua bahasa yang diperlukan untuk membuat sebuah aplikasi android.

Kesempatan…

            Kesempatan saya semakin terbuka lebar ketika saya diterima di perguruan negri Institut, dengan jurusan Teknik Informatika. Disini saya dapat memerluas wawasan pemrograman lewat mata kuliah jurusan. Dengan belajar di Teknik Informatika wawasan bahasa coding saya semakin luas dan saya bisa berkompetisi dengan teman-teman lain yang sudah lebih mumpuni di dunia pemrograman.

Hambatan…

            Hambatan yang datang dari faktor luar cukup banyak, seperti masih banyaknya tugas mata kuliah wajib yang tidak berhubungan dengan dunia Informatika, kurangnya spek laptop saya untuk menjalankan sebuah aplikasi penunjang apk android. Kurangnya informasi yang saya dapatkan mengenai pemrogaraman java dll.

Strategi…

Saya bisa belajar membuat aplikasi android disela-sela waktu kuliah saya. Saya berusaha mengikuti kompetisi dibidang pemrograman java dll. Berkerjasama dengan teman yang sudah pintar membuat aplikasi android, dan berusaha agar setiap waktu yang saya lalui berjala se-efisien mungkin.

Alternatif lain…

            Sebenarnya bekerja dengan membuat app android merupakan prioritas cita-cita saya. Akan tetapi jika waktu saya tertunda untuk medirikan app saya sendiri maka saya akan bekerja di sebuah perusahaan app lain agar saat saya bekerja sembari saya memperdalam ilmu pemrograman aplikasi android. Saya juga berencana menjadi freelancer programmer untuk mengisi waktu luang di sela-sela proyek-proyek saya.


Muhammad Yusuf Mukharom
05111740000051


                                                                                                                   

0 komentar:

Post a Comment