Wednesday, December 13, 2017

Cita cita? Aha Ini Dia!


Cita-cita? Hmm. Jujur saja awalnya saya masih bingung dengan cita-cita saya. Karena saya termasuk orang yang easy going jadi saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Tetapi karena tugas STI ini terpaksa saya harus memikirkan ulang tentang cita-cita saya hehe. Waktu TK dulu cita-cita saya adalah menjadi polisi. Jauh sekali kan dengan bidang yang saya tekuni sekarang. Tetapi pada saat SMP ketertarikan saya mulai bergeser ke bidang IT. Entah kenapa saya mulai menggemari bidang ini. Saya mulai sering mencari informasi berbagai hal tentang IT seperti gadget keluaran terbaru di antaranya HP, laptop, prosesor, VR, dll. Semua hal yang berbau teknologi pasti saya akan merasa suka dan bersemangat untuk mengetahuinya lebih lanjut. Bahkan hal ini berlangsung hingga sekarang saya kuliah di Informatika ITS ini. Nah dari situlah akhirnya setelah berpikir keras selama 7 hari 7 malam, akhirnya saya tahu cita-cita saya apa. Jeng jeng jeng dan inilah dia cita-cita saya yaitu menjadi seorang Mobile App Developer. Berikut akan saya ulas tentang cita-cita saya tersebut di bawah ini. Monggo dibaca :)  

1. Alasan Utama

Sejak android mulai populer saya pun tidak ketinggalan untuk juga menggunakan smartphone android. Saya pun dibuat kagum sejak menggunakannya. Karena semua kebutuhan sekolah saya hampir semua terpenuhi dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Ditambah lagi terdapat Playstore yang mana kita dapat mengunduh aplikasi tambahan yang kita perlu bisa dengan gratis. Tetapi dibalik kekaguman saya itu terdapat pertanyaan yang begitu banyak di benak saya. Bagaimana caranya aplikasi itu bisa berjalan? Bagaimana cara membuatnya? Alat apa yang dipakai untuk membuat aplikasi tersebut? Kenapa bisa aplikasi itu ada? Dan masih banyak lagi. Akhirnya seiring waktu semua pertanyaan itu mulai terjawab hingga saya kuliah di Informatika ini. Saya merasa suka untuk mengetahui lebih lanjut tentang bidang app development ini. Jadi saya merasa cocok untuk bekerja menjadi Mobile App Developer. Juga tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pengguna smartphone jauh lebih banyak daripada pengguna laptop atau PC. Jadi jelas saja, hal ini membuat permintaan kebutuhan profesi Mobile App Developer melesat tinggi. Apalagi di Indonesia orang-orang yang ahli pada bidang ini juga masih sedikit. Sehingga peluang kerjanya pun otomatis masih cukup tinggi pula.

2. Kelebihan Saya

Saya termasuk orang yang mudah diajak kerja sama. Saya selalu open minded dan menganggap setiap pemikiran orang itu menarik untuk dipelajari. Sehingga untuk bekerja di dalam tim saya selalu siap. Logika saya juga cukup bagus, mengingat pekerjaan ini memerlukan logika yang bagus. Saya juga tipe orang yang pantang menyerah dan akan bersungguh-sungguh saat mengerjakan sesuatu.

3. Kekurangan Saya

Saya orangnya cenderung introvert. Terkadang saya merasa takut untuk mengutarakan ide dan pendapat saya kepada orang lain. Saya juga termasuk orang yang pemalas dan suka menunda-nunda pekerjaan.

4. Kesempatan Saya

Saat ini saya kuliah di Informatika ITS. Tentunya banyak kesempatan yang ditawarkan disini untuk saya mengejar cita-cita saya tersebut. Banyak klub-klub di internal Informatika ini yang dapat menunjang kemampuan saya. Seperti klub CP yang telah saya ikuti yang dapat semakin mengasah logika saya. Selain itu saya bisa menggali informasi ke kakak tingkat disini yang punya cita-cita sama seperti saya atau bahkan alumni yang sudah bekerja sebagai Mobile App Developer.

5. Hambatan

Dengan jadwal kuliah yang cukup padat terkadang saya merasa kesulitan untuk membagi waktu untuk sekedar mulai belajar otodidak tentang app development. Ditambah lagi dengan tugas-tugas kuliah yang dibebankan kepada saya lumayan banyak.

6. Strategi

Hal pasti yang sudah saya lakukan sejauh ini adalah mengikuti club CP. Dimana itu untuk mengasah logika saya. Saya juga akan berusaha membagi waktu sebaik mungkin seperti kapan waktunya mengerjakan tugas kuliah, belajar untuk kuliah, dan belajar tentang app development. Saya juga akan mulai sering berkunjung ke lab-lab di Informatika yang sekiranya dapat mengasah kemampuan saya. Sehingga saya pastinya akan membuat skala prioritas. Mana saja yang tidak terlalu perlu untuk saya ikuti dan yang perlu saya ikuti dan lakukan untuk semakin mengasah kemampuan saya agar nantinya cita-cita saya untuk menjadi Mobile App Developer ini dapat tercapai.

7. Alternatif Jika Mimpi Saya Tidak Tercapai

Jikalau impian saya ini tidak tercapai cukup banyak alternatif yang ada di benak saya. Seperti menjadi dosen salah satunya. Bisa juga menjadi dosen tapi sambil membuka lahan bisnis online. Atau terakhir menjadi karyawan perusahaan IT besar seperti Google, Microsoft, IBM, dll.

Nama : Bima Satria Ramadhan

NRP : 05111740000081
Kelas : STI C

        

0 komentar:

Post a Comment