Wednesday, December 13, 2017

Aku Ingin Menjadi..

CITA-CITAKU

ASSALAMMUALAIKUM WR. WB

            Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang cita-cita. Cita-cita tentunya dimiliki oleh semua orang. Dan cita-cita tiap orang berbeda-beda. Pasti banyak diantara remaja bingung akan apa cita-cita mereka. Hal ini tentu saja bukan merupakan hal yang baik dalam hidup mereka.
            Sama halnya dengan para remaja tersebut. Cita-cita saya berubah-ubah dari saya kecil hingga sekarang. Banyak hal yang memperngaruhi tersebut salah satunya adalah jurusan yang saya tekuni di kuliah saya saat ini yakni INFORMATIKA. Pada waktu kecil cita-cita saya adalah menjadi seorang polisi. Namun seiring berjalannya waktu, rasa ingin menjadi seorang polisi mulai hilang. Dan sekarang ini cita-cita saya adalah menjadi seorang Data Analyst.
            Data Analyst adalah seseorang yang bertugas mengumpulkan dan mengolah data untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan suatu kebijakan dalam organisasi. Data Analyst selalu saja berhubungan dengan yang namanya Big Data. Memang pekerjaan ini identik dengan statistika, namun pada perkembangannya malah orang dengan latar belakang jurusan Informatika lah yang bekerja disini. Hal ini dikarenakan dibutuhkan penguasaan beberapa skill programming yang dapat menunjang dalam pekerjaan ini salah satunya dalam hal Data Mining.

Alasan Utama :
            Data Analyst bisa dikatakan menjadi profesi yang masih baru di Indonesia. Hanya sedikit sekali orang yang menjadi data analyst pada saat ini. Namun permintaan akan seorang data analyst pada tahun ke tahun semakin meningkat dikarenakan dengan adanya perkembangan teknologi yang mengakibatkan banyak data yang dapat digunakan.Harvard Business Review mengatakan bahwa profesi data analyst ini merupakan “The sexiest job in 21th centuries”.

Kelebihan
            Dalam menggapai cita-cita saya mempunyai beberapa kelebihan antara lain suka bekerja dengan data, hal ini tentu saja dapat menunjang seorang data analyst yang notabene bekerja dengan data-data. Selain itu saya juga suka tantangan dan menyukai hal baru. Data analyst masih baru di Indonesia karena itulah banyak sekali tantangan yang ditawarkan untuk saya. Saya juga sering mengikuti beberapa perkembangan ekonomi. Seorang data analyst pasti berhubungan dengan sector ekonomi, karena hal itulah mengikuti suatu perkembangan ekonomi adalah hal yang penting.

Kekurangan
            Seorang manusia pastilah tidak sempurna. Disamping memiliki beberapa kelebihan pastilah memiliki kelemahan. Kelemahan saya salah satunya adalah kadangkala merasa malas untuk belajar dan lebih memilih untuk bermain game. Malas merupakan penyakit yang menyerang sebagian pelajar di Indonesia. Selain itu saya juga kurang peka terhadap lingkungan sekitar, hal ini membuat saya kadangkala ketinggalan suatu informasi yang sangat penting. Dalam menjadi seorang data analyst dibutuhkan skill programming yang sangat baik. Namun pada kenyataannya skill programming saya masih lemah.

Kesempatan
            Banyak sekali kesempatan yang ada bagi saya untuk menjadi seorang data analyst. Antara lain adalah adanya klub data mining di jurusan Informatika. Klub ini tentunya sangat berguna dalam belajar data mining yang sangat erat hubungannya dengan menjadi seorang data analyst. Selain itu kita juga dapat bertukar informasi yang sangat berguna bagi kita untuk menjadi seorang data analayst. Selain itu banyak sekali kompetisi data mining yang dapat berguna dalam melatih skill dalam bidang data mining. Di jurusan Informatika juga ada mata kuliah data mining. Hal ini tentu saja akan saya ambil dalam semester yang akan datang.

Hambatan
            Hambatan yang saya alami untuk menjadi seorang data analyst adalah yang pertama sedikitnya waktu belajar karena banyak sekali tugas. Tugas merupakan hal yang lumrah bagi mahasiswa. Sebetulnya dalam hal ini diperlukan manajemen waktu yang tepat untuk mengatasi hal ini. Selanjutnya adalah banyak sekali persaingan menjadi seorang data analyst. Pastilah diluar sana banyak sekali yang menjadi data analyst. Hal ini akan menimbulkan suatu kompetisi untuk menjadi data analyst yang handal dan kompeten.

Strategi
            Strategi saya dalam menggapai cita-cita saya yang pertama adalah belajar dengan giat dan banyak berlatih. Usaha merupakan hal yang tidak akan membohongi hasil yang kita capai. Yang kedua adalah mengambil mata kuliah terkait. Selain itu saya harus mendapatkan nilai yang terbaik pada mata kuliah yang terkait tersebut. Dan saya juga tidak lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena sekeras apapun usaha jika tidak didampingi oleh doa maka hal itu akan percuma.

Alternatif lain

            Jika saja saya tidak menjadi seorang data analyst maka saya akan menjadi seorang Dosen. Dosen adalah pekerjaan yang sangat muliah. Banyak sekali pengaruh yang ditimbulkan untuk para mahasiswanya. Selain itu dosen juga merupakan salah satu pilar penting bagi Indonesia untuk menggapai tujuannya mencerdaskan kehidupan bangsa. Ilmu yang diberikan kepada mahasiswanya pastilah akan mereka gunakan karena itu bisa dikatakan dosen adalah orang yang sangat bermanfaat bagi orang lain

Arief Prasetyo
05111740000021
STI C 2017

0 komentar:

Post a Comment