Tuesday, December 12, 2017

ADA APA DENGAN CITA-CITA



XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
               
 CITA CITA SAYA...

          Semua pasti memiliki cita-citanya masing masing dan juga pasti memiliki ambisi tersebut. Ya memang ada Kemungkinan seseorang yang memiliki cita-cita secara eksplisit namu tujuan di masa depan kita juga menjadi salah satu cita-cita. Jadi cita-cita tidak semuanya adalah profesi namun bisa juga hal hal yang ingin dicapai kemudian harinya. Kalau saya ditanya , maka saya juga masih bingung untuk menjadi seorang yang berprofesi apa. Dikarenakan karena imajinasi saya sangat tinggi maka saya spontan memikirkan jadi profesi yang aneh. Seperti bekerja di CIA , Menjadi seorang White hack. Namun cita-cita saat ini lebih menjurus ke daerah cyber security. Entah mengapa saya sangat Kagum terhadap orang-orang yang mampu menyelematkan sebuah jaringan dan base dengan sangat baik melawan para hacker (walaupun saya dulunya juga sempat bermimpi meniadi seorang hacker).
          
          Diawalnya saya memang tergila-gila dengan namanya hacker. Saya pun menjadi sangat suka menonton film hacker dan kemudian mengidolakan mereka yang mampu melakukan hal sebrutal itu. Namun setelah mempelajari apa saja yang mereka lakukan ternyata , Semuanya tidak semudah itu. Menjadi hacker itu sangat sulit dengan semua materi yang mereka tawarkan untuk dipelajari. Bahkan saya sempat mencoba menginstall OS Kali Linux yang menjadi base para hacker dan cyber security . Alhasil bahkan menginstall nya saja sudah sangat sulit dan saya harus belajar kembali. Namun dikarenakan itu saya pun mulai mengenali dan menyukai ranah keamanan jaringan. Mulailah saya menyusun perencanaan saya hingga saat ini saya berhasil menjadi mahasiswa Informatika.
              
 ALASAN MEMILIH

           Alasan saya menekuni keamanan jaringan selain menyukai, dikarenakan saya sedikit paham materi tersebut dan saya sudah berkuliah di Informatika ITS. Prospek kerja untuk keamanan jaringan menjadi sangat besar. Semua sudah berbasis digital dan menyimpan segala yang penting dan rahasia di database internet apakah itu cloud. Maka untuk mengamankan data mereka tersebut dibutuhkanlah seseorang yang bisa untuk menjaga keamanan informasi dan data-data mereka. Gaji para cyber security juga lumayan tinggi. Ketika saya mencoba mencari apa saja bidang keamanan jaringan ini saya menemukan sebuah profesi yakni CISO atau chief information security officer. CISO memahami bahwa keputusan keamanan informasi mereka seringkali berdampak langsung pada biaya operasional, efisiensi, dan kelincahan organisasi mereka. Seiring organisasi mengenalkan teknologi baru, seseorang yang bisa menjaga keamanan informasi organisasi ataupun perusahaan baik secara fisik ataupun digital. Tetapi di era sekarang ini, hampir semua informasi dan data yang dimiliki sebuah organisasi hampir semuanya berbentuk digital. Soal keamanan informasi, CISO dipusingkan untuk mengatasi berbagai risiko dan ancaman yang datang. CISO akan mengembangkan dan mengomunikasikan strategi untuk menghindari potensi risiko yang berasal dari pelaksanaannya terhadap operasi organisasi.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

         Dalam mengejar cita-cita saya,saya menemui kelebihan dan kelemahan saya. Saya seseorang yang sangat suka dalam hal computer dan jaringan komputer. Saya selalu tertantang untuk menemukan cara baru dan pengetahuan terbaru tentang keamanan jaringan. Saya sangat suka hal hal baru mengenai cyber security. Saya juga orang yang tidak takut dengan kegagalan yang akan saya alami atau waktu yang saya korbankan untuk mempelajari sesuatu. Namun saya punya kelemahan yakni saya seseorang yang akan butuh istrahat banyak jika sesuatu pekerjaan itu saya sulit mengerti dan kerjakan sehingga saya memerlukan waktu yang lebih untuk beristrahat. Bila tidak saya akan bosan dan menunda pekerjaan saya tersebut.

          Kesempatan yang saya miliki sekarang ini sangat besar dikarenakan saya Telah berkuliah di Departemen informatika ITS. Salah satu yang terbaik diindonesia. Di informatika ITS terdapat sebuah klub yang bergerak diranah keamanan jaringan yakni TCYBER. Dengan itu semua saya memiliki kesempatan yang lebih untuk mendalami keminatan saya tersebut. Hambatan yang saya temui pasti ada. Hambatan seperti sulitnya Belajar keamanan jaringan. Tidak hanya membutuhkan satu Bahasa pemrograman dan saya harus menguasi banyak tools ,software dan Teknik untuk memperbaiki dan meretas sebuah jaringan. Dan semuanya itu bila dipelajari otodidak sangat sulit dan harus memiliki waktu yang lebih banyak.

STRATEGI

         Strategi saya agar bisa lolos menjadi orang yang handal adalah saya akan lebih serius untuk membagi waktu mempelajari cyber security. Didalam itu saya akan memulai menyusun secara baik materi-materi yang dipelajari secara runtut. Saya akan mulai untuk mengenali mana materi yang dipelajari diawal dan di akhir agar nantinya bisa mengerti secara terurut . Bila dipelajari tidak terurut maka kemungkinan ada materi yang tidak dipahami atau levelnya terlalu tinggi. Skala prioritas juga dibutuhkan agar kuliah , klub dan kegiatan kemahasiswaan dapat terlaksana dengan baik dan maksimal. Lain sisi juga tekun di kegiatan klub TCyber. Klub yang bsa mendukung saya untuk mendalami kesukaan saya dan cita-cita saya ini. Agar tidak terlalu monoton saya akan belajar dengan kakak tingkat ataupun lewat kuliah online yang bsa sangat membantu dalam belajar lebih fokus dan luas.

ALTERNATIF

      Alternatif lainnya ketika profesi saya tidak tercapai adalah saya akan menjadi pebisnis online. Yah bagaimanapun saya sudah berbasis teknologi dan informasi. Dan kemampuan saya yang dasar adalah computer. sehingga alternatif lainnya adalah kemampuan saya yang bisa berbisnis. Namun berbisnis dengan basis teknologi online.

Demikianlah ulasan tentang Cita-cita saya. Dibawah juga sudah terlampir Video yang membahas Cita-cita serta penjelasan keterminatan saya. Gas aja langsung !! dan jangan lupa like ya heheh.



Demikianlah ulasan dan cerita saya hari ini dengan blog kuliah STI salam sejahtera terimakasih. 

PHILIP ANTONI SIAHAAN
05111740000111

0 komentar:

Post a Comment