Wednesday, December 13, 2017

A Dream Is The Reality Of The Future

Perkenalkan, nama saya Muhammad Rafi Fadhilah, dan disini saya akan membahas tentang cita-cita saya. Dahulu, waktu saya masih kecil, cita-cita saya selalu berubah-ubah. Di umur 3 tahun saya bercita-cita ingin menjadi seorang masinis kereta api. Ini disebabkan karena setiap kali pulang kampung ke Surabaya, orang tua saya selalu memilih kereta api sebagai sarana transportasi. Jarak yang jauh antara Bandung(tempat saya tinggal) ke Surabaya mengakibatkan saya menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam kereta, mungkin karena inilah saya dulu pernah bercita-cita menjadi seorang masinis. Bebearapa tahun kemudian, saya sedang suka-sukanya memainkan sebuah permainan yang diberikan oleh ayah saya kepada saya. Kebetulan permainan itu bercerita tentang perang kapal selam. Tidak tahu kenapa, saya jadi ingin menjadi seorang pengemudi kapal selam, dan seterusnya cita cita saya tidak pernah menancap ke satu hal sampai saya masuk SD.

Di SD, saya mencicipi pertamakali apa itu programming dari sebuah IDE yang cukup terkenal dari microsoft, yaitu Viisual Basic atau VB. Saya tertarik kepada VB  dikarenakan saya mendengar dari teman saya, bahwa dari VB kita bisa membuat sebuah game. Walaupun akhirnya saya menyerah karena saya pada saat itu tidak mengerti sama sekali bagaimana caranya memprogram, dari situlah cita-cita saya menjadi seorang programmer terbentuk.

Saat masuk ke Informatika ITS, saya menyadari bahwa “Programmer” adalah sebuah istilah yang terlalu luas unuk dijadikan sebuah cita-cita, karena programmer adalah seseorang yang memrogram, dan di jaman sekarang ini banyak sekali differensiasi-diferensiasi khusus untuk profesi programmer. Dari banyak profesi tersebut, saya memilih untuk ingin menjadi seorang Software Engineer.

Kenapa? Alasan utama adalah karena memang kesukaan saya dalam bidang memprogram/mengoding yang sudah tertanam dari SD. Pada saat SMP kebetulan saya sudah pernah membuat sebuah program pengocok tempat duduk yang saya aplikasikan di kelas saya.

Kelebihan saya adalah kemampuan saya dalam memrogram, walaupun saya tidak akan bilang saya yang terbaik, saya percaya diri dengan kemampuan pemrograman saya. Saya juga bisa menjadi orang yang konsisten dalam mengerjakan sebuah hal, asalkan saya memang suka dan itu adalah bagian dari passion saya

Kekurangan saya sendiri ada banyak, tapi yang melihat menonjol adalah kurang disiplin dan kurang bertanggung jawabnya diri saya, ini bisa dilihat dari bagaimana saya selalu menunda-nunda pekerjaan.

Kesempatan dalam menggapai cita-cita saya ini yang saya temukan di Informatika ITS adalah club gamedev, karena sebenarnya mengembangkan sebuah game tidak jauh berbeda dengan mengembangkan aplikasi lainnya.

Hambatan yang saya harus lewati adalah kekurangan saya sendiri yaitu malas dan selalu menunda-nunda pekerjaan(procrastination), saya memang orang yang tipenya deadliner saat mengerjakan tugas.

Usaha dan strategi saya adalah dengan mengurangi rasa malas diri saya sendiri. Selain itu saya akan belajar lebih dalam tentang teknik-teknik mengembakan sebuah perangkat lunak yang saya masih belum ketahui, saya juga mungkin akan membuat proyek kecil-kecilan(iseng) untuk melatih pola pemikiran saya dalam mengembangkan aplikasi.

Jikalau memang saya tidak bisa menjadi seorang software engineer, saya akan mencari pekerjaan lain yang masaih berhubungan erat dengan pemrograman dan IT. Mungkin juga saya akan mendirikan bisnis IT saya sendiri(Insya Allah).


"You're an idiot! Study harder!".

Berikut adalah video tentang cita-cita saya :



M Rafi Fadhilah
05111740000075

0 komentar:

Post a Comment