Wednesday, December 13, 2017

ABC : Aku Bersama Cita-Citaku


Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang cita-cita saya setelah lulus dari Departemen Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Tetapi sebelum saya memberikan ulasan secara lebih detail, alangkah baiknya simak dahulu video bertajuk “ABC : Aku Bersama Cita-Citaku”.


Bagaimana ? Sudah melihat belum?


Sudahkah?


Kalau belum, coba lihat J.


Berdasarkan pada video yang diunggah, saya memiliki impian menjadi seorang software engineer bidang pengembangan aplikasi. Seperti yang kita ketahui, software engineer bidang aplikasi atau application engineer merupakan salah satu pekerjaan yang berkonsentrasi dalam mendesain, menguji, dan  mengembangkan suatu aplikasi atau program agar berjalan secara efektif, efisien dan mudah dipakai oleh pengguna dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan saya memilih pekerjaan sebagai software engineer sebagai cita-cita saya karena ketertarikan diri tehadap dunia programming dan proses pemilihan algoritma dalam sederhana untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang kompleks. Selain itu, bekerja sebagai seorang software engineer  tentunya menjadi kebanggaan tersendiri sebab orang yang ahli dalam bidang tersebut tergolong masih sedikit sedangkan mayoritas perusahaan sangat  membutuhkannya. Tentu dengan keadaan yang saling berbanding terbalik, gaji yang ditawarkan suatu perusahaan juga tinggi, sehingga menjadi software engineer merupakan pekerjaan yang menjanjikan dan menguntungkan.

Kelebihan yang saya miliki untuk menunjang proses pencapaian impian saya adalah senang mencoba hal yang baru. Kedua, pantang menyerah dan optimis. Walaupun saya sering mengalami kegagalan dan merasa down jika hal tersebut terjadi, tetapi saya selalu berpikir bahwa pasti ada hikmah dibalik kejadian tersebut. Ketiga, senang dengan hal yang mendetail dan berpikir jangka panjang. Bagi saya, suatu hasil pekerjaan yang baik dilihat dari kelengkapan dari aspek-aspek yang dibahas. Penyebabnya karena kedetailan suatu informasi akan membantu seseorang untuk mendapatkan suatu hasil dengan akurasi tertinggi.  Keempat, memiliki perhatian yang lebih dalam persoalan matematis dan pola. Hal ini disebabkan oleh ketertarikan saya mengenai angka dan pola. Dan terakhir, saya adalah orang yang ambisius sehingga saya akan berusaha semaksimal mungkin agar tujuan saya bisa tercapai.

Sedangkan kekurangan yang terdapat dalam diri adalah masih bersifat individual dan berdampak kurang baik jika bekerja dalam tim (kecuali jika saya sudah mengenal jauh tentang rekan/kolega saya). Kedua, kemampuan softskill terutama public speaking masih kurang sehingga dalam menyampaikan ide atau pendapat terkesan rancu atau bahkan hanya menyimpannya dalam pikiran saya sendiri. Ketiga, saya masih menjadi orang yang pasif dikarenakan kemampuan berbicara di depan umum masih perlu evaluasi dan sifat saya yang pendiam. Keempat, saya orang yang perfeksionis dalam mengerjakan sesuatu sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini bertujuan agar hasil yang saya dapatkan bisa semaksimal mungkin.

Hambatan dalam meraih impian saya adalah pengetahuan saya tentang pemrograman masih perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk mempelajari dan berlatih. Selain itu, interview atau syarat yang harus dipenuhi cukup sulit dan banyak.

Tetapi kesempatan yang dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut cukup besar. Hal ini dikarenakan saya mengambil program sarjana Informatika yang tentunya berpeluang lebih besar daripada program studi lain maupun orang yang belajar otodidak. Kedua, banyak perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan software engineer baik untuh fresh graduate atau yang tidak.

Strategi yang saya terapkan agar impian pekerjaan saya tercapai yaitu:
1.     Berlatih dan belajar mengoding dengan berbagai macam bahasa
Walaupun seorang software engineer tidak berfokus pada programming secara eksklusif, tetapi mengenal berbagai bahasa dan memiliki pengetahuan mendalam bagaimana fungsi bahasa tersebut dapat digunakan juga sangat penting. Bahasa yang mungkin dapat dipelajari yaitu C++,C,Java Script, Python, dan yang lain sebagainya.
2.      Meningkatkan skills matematika terutama matematika diskrit
Hal ini disebabkan oleh sebagian permasalahan membutuhkan algoritma matematika agar software yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. 
3.     Mencoba membuat software sendiri dengan rancangan yang akurat
4.     Mencari internship dengan perusahaan besar
5.     Mengikuti perlombaan baik bertaraf nasional maupun internasional yang berkaitan dengan perancangan software, baik itu terkait dengan membuat software atau research dalam bidang software
6.     Mengikuti diskusi umum baik yang ada di perguruan tinggi ataupun online agar kemampuan semakin terasah dan pengetahuan semakin luas
7.     Mengambil rumpun mata kuliah dan tugas akhir mengenai pengembangan software
8.     Mengambil beberapa strategi yang dimiliki oleh orang yang sukses berkarier di bidang IT terutama di bidang software engineering

Alternasi lain jika saya tidak dapat menggapai impian saya adalah beralih ke bidang research and technology atau menjadi seorang dosen. Alasan saya memilih alternasi tersebut sebab saya juga menyukai hal yang teoritis dan tentunya bisa membantu orang lain.


Mungkin itu ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cita-cita saya. Semoga ke depannya saya bisa memperbaiki diri agar dapat meraih impian saya menjadi seorang software engineer di bidang pengembangan aplikasi. Begitu juga dengan pembaca yang memiliki cita-cita, semoga impian juga tercapai. Dibawah ini saya sematkan video saya. Barangkali, pembaca ingin melihatnya lagi J. Dan terima kasih.



Nama : Bella Septina Ika Hartanti
NRP : 05111740000117
Kelas : STI C




0 komentar:

Post a Comment