Thursday, December 11, 2014

To Be A Database Programmer

He yo guys! Nama saya Andre. Jujur dalam hal cita-cita, saya masih kurang yakin untuk pilihan saya sekarang, karena saya masih dalam step awal dalam dunia pemograman. Melalui tugas ini, saya merasa cukup "terpaksa" browse ada apa saja macam pekerjaan setelah saya lulus nanti. Untungnya melalui tugas ini juga, saya lumayan "cut down" cita-cita saya setelah lulus nanti, dan melalui berbagai pertimbangan, untuk saat ini saya memilih cita-cita saya adalah menjadi Database Programmer. Database programmer itu sesuai namanya, membuat semacam "warehouse" untuk ribuan sampai jutaan data, dan juga maintain alur input-output data. Dalam membuat "warehouse" ini, suatu struktur system data yang solid dibutuhkan. Database yang biasa kita lihat hanyalah dalam bentuk tabel 2D, yang kelihatannya sangat simple, tetapi pekerjaan ini tidak semudah yang terlihat. Kita yang melek teknologi pasti mengenal "maintenance", itulah contoh yang paling gampang dalam pekerjaan ini. 

Dalam hal ini, saya termasuk orang yang suka sesuatu yang terstruktur, karena hal itu mempermudah kita melihat apa yang salah atau ada yang tidak berjalan sesuai keinginan kita. Database programmer tidak boleh tidak mengerti alur program database yang dibuatnya, karena bila ada yang keluar dari range bisa membuat struktur data menjadi kacau dan unusable, struktur data yang mampu menampung ribuan data belum tentu bisa mampu menampung jutaan data, dan data itu pasti terus bertambah seiring waktu (misalnya fb,twitter). Data ini juga harus dimaintenance dari waktu ke waktu dan bila ada suatu perubahan, kita harus mampu menjaga data yang sudah ada sebelumnya tidak rusak karena perubahan yang kita buat.

Kelemahan saya sendiri adalah saya kurang teliti dalam mengerjakan sesuatu, dan biasanya saya tergantung pada orang lain untuk membantu mengeluarkan ide apa yang ada di kepala saya. Jujur saya sering stuck gara-gara tidak membicarakan atau menuliskannya terlebih dahulu. 

Untuk rencana ke depannya, saya juga masih berniat mewujudkan cita-cita saya sedari dulu, yaitu bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang seperti Bandai, Nintendo dkk. Untuk itu saya masih berkutat dalam perkuliahan saya terlebih dahulu, dan saya masih ingin mengikuti lomba-lomba programming di masa kuliah di Teknik Informatika di ITS ini. Ini semua saya lakukan supaya membantu  mengasah kefasihan saya membuat program, dan bertemu dengan orang-orang hebat lainnya, dan siapa tahu dapat kita jadikan partner dalam project-project saya di masa depan. Tidak lupa juga saya selalu berserah kepada Tuhan karena Tuhan itu maha-adil, kalau memang usaha saya yang kurang pasti saya tidak berhasil dan sebaliknya. Terima kasih telah membaca tl;dr post ini, see you guys!

Andre Exaudi J.R
5114100031

0 komentar:

Post a Comment