Thursday, December 11, 2014

Cita Cita setelah lulus dari Teknik Informatika

Cita Cita saya setelah lulus dari Teknik Informatika adalah menjadi software engineer. Alasan utama saya memilih profesi ini adalah karena teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tentunya orang orang yang dapat berkontribusi ataupun terlibat langsung dalam perkembangan tersebut akan sangat dibutuhkan. Kalau kita berbicara tentang teknologi informasi, ada dua hal yang menonjol yaitu hardware dan software. Kedua bidang tersebut saling mendukung satu sama lain. Jika tidak ada software, hardware akan menjadi tidak berguna dan sebaliknya. Karena itulah saya percaya bahwa melalui menjadi software engineering, kita bisa membuat banyak hal dan inovasi yang akan berguna di masa depan. Alasan lainnya adalah karena saya ingin suatu software yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Aplikasi tersebut saya rencanakan bisa digunakan di smartphone apapun dan mungkin juga bisa digunakan di alat alat yang sedang dalam pengembangan seperti google glass dan smartwatch. Saya juga mempunyai rencana untuk menjadi seorang entrepreneur melalui software engineer. Jadi saya ingin membuat suatu perusahaan sendiri yang mempunyai dasar software engineer. Perusahaan tersebut kemungkinan besar akan saya buat bersama teman teman saya. Saya berharap bahwa melalui project project yang saya buat, persahaan yang saya dirikan tersebut bisa berkembang dan bermanfaat bagi masyarkat luas.

Saya tahu bahwa membuat software atau aplikasi tidaklah mudah dan membutuhkan jam terbang yang tinggi. Namun saya akan jadikan hal ini sebagai tantangan di waktu kuliah. Bagaimana caranya saya bisa belajar bahasa pemrograman dengan benar dan dapat diaplikasikan. Saya mempunyai rencana untuk membuat paling tidak satu software sebelum saya lulus dari Teknik Informatika. Lalu saya juga telah mempunyai target untuk menjadi Admin lab RPL (rekayasa perangkat lunak) karena saya percaya melalui lab tersebut, saya bisa terbantu untuk mencapai target membuat paling tidak satu software sebelum lulus kuliah. Ada juga satu hal yang saya kira akan menjadi tantangan di masa depan. Hal tersebut adalah persaingan antar software engineer yang lain. Dunia IT memang dikenal dengan persaingan yang sangat ketat dan biasanya produk yang lebih dipilih adalah produk yang memiliki inovasi dan kegunaan yang berguna dan disukai oleh mayoritas manusia. Tentunya ke depan pasti ada persaingan antar software engineer yang lomba mengejar waktu untuk membuat software yang terbaik dan bermanfaat. 

Untuk mencapai cita cita saya, saya akan bekerja keras dan berusaha sekuat mungkin untuk selalu belajar tentang bahasa pemrograman apapun. Saya akan berusaha untuk menggunakan media internet dan lainnya untuk membimbing saya dalam proses pembelajaran. Untuk masalah pembuatan software, saya akan coba mencari ide ide yang dapat diimplementasikan sebagai software dan mengajak senior untuk konsultasi tentang pembuatan software tersebut. Kalau saya kira software saya layak dilombakan, maka saya akan mengikuti lomba Imagine Cup atau Gemastik dengan menggunakan software yang saya telah kembangkan. Sebelum saya tutup, saya juga harus rajin berdoa dan berharap supaya saya bisa mencapai cita cita saya dan melewati segala rintangan yang ada di depan. Terima kasih dan semoga saya bisa menjadi sukses dei masa depan.


Aditya Ikhsan
5114100186

0 komentar:

Post a Comment