Wednesday, December 10, 2014

Cita-cita Menjadi Analis Sistem

Lulusan sarjana dari jurusan Teknik Informatika sebagian besar akan bekerja pada bidang teknologi informasi. Di bidang IT ada berbagai jenis profesi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa Teknik Informatika hendaknya mengetahui jenis-jenis profesi tersebut dan memiliki cita-cita untuk meraih profesi tertentu di bidang IT.

Sebenarnya dulu saya tidak pernah berpikir untuk masuk di jurusan Teknik Informatika. Bahkan jurusan ini dahulu sangat saya hindari untuk memasukkannnya dalam pilihan SNMPTN saya. Tetapi ternyata Allah berkehendak lain, saya pada akhirnya memilih jurusan Teknik Informatika ITS dan Alhamdulillah saya diterima. Oleh karena itu, saya merasa masih asing dengan profesi-profesi di bidang IT karena pengetahuan saya masih minim tentang IT. Namun ada salah satu profesi yang menarik minat saya, yaitu analis sistem.

Dikutip dari Wikipedia pada tanggal 9 Desember 2014, analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.

Alasan saya memilih profesi ini menjadi cita-cita saya adalah karena saya merasa tidak terlalu menguasai coding, namun saya dapat memahami suatu program secara garis besar.  Seorang analis sistem harus menguasai kemampuan teknis tetapi tidak serumit seperti programmer yang harus benar-benar menguasai coding. Selain itu, seorang analis sistem harus mempunyai kemampuan manajerial dan komunikasi yang baik, untuk kemampuan ini saya cukup percaya diri karena sejak SMP saya aktif berorganisasi sehingga sudah memiliki pengalaman komunikasi dan manajemen.

Usaha yang sudah saya lakukan untuk menuju kesana yang pertama adalah meluruskan niat saya untuk belajar di jurusan Teknik Informatika. Awalnya sangat berat karena terkadang saya masih terbayang-bayang oleh cita-cita saya sebelumnya yang kadang melahirkan pikiran-pikiran yang salah dalam diri saya, contohnya saya pernah berpikir untuk mencoba SBMPTN lagi karena saya merasa tidak cocok di jurusan ini. Namun semakin hari saya kuatkan tekad saya dan luruskan niat saya untuk belajar disini, saya belajar untuk mensyukuri bahwa saya sangat beruntung bisa kuliah di jurusan ini sementara orang lain belum tentu bisa masuk jurusan ini walaupun mereka menginginkannya. Kemudian saya berusaha untuk memperbaiki skill coding saya, saya berusaha menyukai mata kuliah di jurusan ini walaupun masih banyak yang terasa asing di pikiran saya. Serta saya berusaha tawakal kepada Allah SWT supaya saya dimudahkan dalam meraih cita-cita saya.

Hambatan-hambatan yang masih saya alami adalah saya kesulitan untuk belajar sendiri. Dalam belajar saya membutuhkan tutor supaya saya bisa memahami materi kuliah. Selain itu, terkadang saya malas untuk belajar, sehingga saya harus berusaha keras untuk menghilangkan rasa malas. Kemudian, saya juga cepat patah semangat jika menemui suatu materi yang sulit dipahami. Jadi saya juga harusmenjaga semangat kuliah saya supaya tetap tinggi.


Akhir kata, manusia boleh merencanakan tetapi Allah-lah yang menentukan. Harapan saya semoga Allah meridhoi saya dalam menjalani perkuliahan di jurusan Teknik Informatika ITS dan memudahkan saya untuk menjadi seorang analis sistem. Aamiin.

Pratiwi Fitriana Haris
5114100011

1 komentar: