Saturday, December 13, 2014

BIG DREAM


Setiap orang didunia ini pasti memiliki sebuah impian atau cita-cita yang ingin dicapai, tak peduli ia siapa,  laki-laki atau perempuan, asalnya dari mana, atau apapun hal-hal yang menjadi pembeda dirinya dengan orang yang lain. Kita semua bebas untuk bermimpi apapun sesuai apa yang kita inginkan. Apakah mimpi kita tersebut mudah atau sulit untuk diwujudkan atau malahan mustahil untuk diwujudkan, semuanya sah-sah saja asalkan kita memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Pada kali ini saya akan menulis cita-cita yang saya inginkan kedepannya setelah lulus dari Jurusan Teknik Informatika ITS. Sebelumnya ini merupakan tugas yang diberikan oleh dosen STI saya untuk menulis cita-cita saya kedepannya di bidang IT ke dalam sebuah blog. Sebenarnya dalam 121 impian yang pernah saya tulis terdapat dua impian yang termasuk kedalam bidang IT, yang pertama yaitu menjadi seorang “Game Developer” dan yang kedua menjadi seorang “Technopreneur”. Akan tetapi disini yang akan saya bahas ialah cita-cita saya untuk menjadi seorang Technoprenueur sukses. Nah, Sebelum kita ke topik saya akan menjelaskan apa sih technopreneur itu?? 
Oke check ki doottt....

Kata-kata Technopreneur merupakan kata yang sudah begitu familiar kita dengar pada saat ini. Akan tetapi sebagian dari kita tidak mengetahui apa arti teknopreneur itu sebenarnya. Sebagian orang mengartikan bahwa technopreneur itu memiliki artian yang sama dengan entrepreneur. Akan tetapi, teknopreneur secara etimologis adalah gabungan dari kata teknologi dan entrepreneur. Secara umum kata teknologi sering digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri, sedangkan entrepreneur  sendiri dapat di definisikan sebagai sesesorang yang menciptakan bisnis atau usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Technopreneur adalah Entrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada  sebagai basis pengembangan usaha yang di jalankannya, atau dengan kata lain, technopreneur ini adalah Entrepreneur modern yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya.

Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai apa technopreneur itu sebenarnya, jika anda masi belum puas dan masih penasaran apa itu Technoprenuer anda bisa googling sendiri sampe puas :D:D:D

Mengapa Harus Technopruneur??

Adapun alasan saya memilih untuk seorang technopreneur, salah satunya adalah menjadi seorang technopreneur berarti menjadi seorang pedagang. 

Mengapa harus menjadi pedagang?? 

Sebab Nabi Muhammad saw. dahulunya adalah seorang pedagang, selain itu terdapat keutamaan didalamnya, dalam hadist Rasulullah saw. disebutkan bahwa :

التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء
“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada” (HR. Tirmidzi no.1209 ia berkata: “Hadits hasan, aku tidak mengetahui selain lafadz ini”).
عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ قَالَ: قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْكَسْبِ أَطْيَبُ؟ قَالَ: «عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ»
Dari Rafi’ bin Khadij ia berkata, ada yang bertanya kepada Nabi: ‘Wahai Rasulullah, pekerjaan apa yang paling baik?’. Rasulullah menjawab: “Pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tangannya dan juga setiap perdagangan yang mabrur (baik)” (HR. Al Baihaqi dalam Al Kubra 5/263, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 607)
Dan alasan yang lain yaitu saja ingin menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, karena masih sangat sedikit lapangan pekerjaan dan juga profesi dari seorang technoprenur khususnya di Indonesi masih terbilang langka.
Tentunya dalam meraih suatu impian diperlukan suatu usaha dalam mewujudkannya. Apalagi mimpi tersebut adalah mimpi besar yang pasti membutuhkan kerja keras dan pengorbanan yag tidak sedikit untuk merealisasikannya. Ada banyak sekali tantangan yang harus dilalui. Saya sendiri masih memiliki beberapa kebiasan buruk seperti sering menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Selain itu saya juga masih susah berbica dihadapan umum. Dan hal-hal seperti itulah yang menjadi tantangan saya dalam meraih impian. Selain itu ada pula threat yang harus dihindari atau dihadapi seperti memiliki sifat inovasi dan kreatifitas yang tinggi, mengetahui keinginan masyarakat dalam pasar, mendesain suatu produk agar diminati oleh masyarakat dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika kita melihat keadaan saat ini, menjadi seorang technopreneur memiliki peluang  yang besar untuk sukses karena laju perkembangan teknologi sangatlah cepat, selain itu teknologi juga dapat memasuki segala bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Dan tentunnya masyarakat tidak dapat lepas dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki sikap pantang menyerah dan motivasi yang tinggi dalam meraih sesuatu merupakan salah satu hal yang saya miliki. Dan hal tersebut akan menjadi modal saya untuk mewujudkan impian saya tersebut.

Adapun usaha saya untuk mewujudkannya, yaitu dengan mengikuti kegiatan perkuliahan khususnya di Teknik Informatika, mengikuti acara-acara non akademis lainnya yang dapat mengembangkan softskill tentunya. Selain itu saya juga belajar tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang Entreprenur dan bergabung kedalam WE&T ITS. Dan saya minta doanya kepada para pembaca agar saya dimudahkan dalam meraih impian saya tersebut. Mungkin itu adalah sedikit cerita tentang mimpi saya kedepannya dan sebagai penutup saya akan memberikan sebuah qoute dan saya ucapkan terimasih sudah membaca tulisan ini.

“Bermimpilah setinggi mungkin dan janganlah kamu membatasi mimpimu, sebab mimpi itu sendiri sangat luas dan masih mistery. Gunakanlah masa mudamu untuk meraih impian itu, jangan kamu menunggu sampai datangnya masa tuamu untuk meraihnya, karena ketika masa mudamu telah habis maka semangat untuk memperjangkan mimpi tersebut akan menghilang perlahan-lahan.”


Nama : Muhamad Hendri Febriansyah

NRP   : 5114100036

0 komentar:

Post a Comment