Wednesday, December 10, 2014

Menjadi Technopreneurship Paling Modern


Teknik Informatika. Ketika kata-kata tersebut terlintas dipikiran saya yang langsung saya pikirkan adalah teknologi dan komputer. Teknik Informatika merupakan sebuah bidang yang mempelajari tentang perkembangan teknologi dan informasi dimana kita diminta untuk dapat mengaplikasikan hal tersebut dalam berbagai lingkup kehidupan. Saat ini, Teknik Informatika sudah digunakan di segala bidang seperti pendidikan, kesehatan, politik, dan juga ekonomi. Teknik Informatika merupakan bidang yang ruang lingkup kerjanya dapat mencakup ke berbagai bidang. Hal itulah yang membuat saya memilih jurusan ini. 

Berbicara mengenai cita-cita yang ingin saya capai setelah saya lulus dari jurusan Teknik Informatika ITS ini sungguh banyak. Beberapa diantaranya, cita-cita saya dahulu adalah dapat bergabung bersama perusahaan teknologi terkemuka seperti Microsoft dan Google. Namun, lambat laun terlintas dipikiran saya untuk membuat suatu perusahaan yang menggabungkan teknologi dan bisnis jual beli menjadi satu kesatuan. Dalam hal ini, saya menyebut cita-cita saya sebagai Technopreneurship. Technopreneurship merupakan suatu cita-cita yang ingin saya capai yaitu dengan menggabungkan teknologi dan bisnis menjadi satu. 

Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin menjadi seorang Technopreneurship. Pertama, saya menyukai bisnis dan saya pernah mencoba berbisnis sewaktu di SMA. Kedua, saya mempunyai seorang kakak yang bergelut dibidang akuntansi jadi, harapan saya ia dapat membantu saya mengembangkan bisnis ini dan kedepannya saya harap ini bisa menjadi semacam bisnis keluarga. Ketiga, saya melihat opportunity yang makin berkembang di era teknologi modern ini dimana orang-orang ingin transaksi yang cepat dan dapat diakses dimana saja sehingga memudahkan mereka dalam melakukan transaksi jual beli.

Usaha yang saya lakukan saat ini untuk mewujudkan cita-cita ini sudah beberapa saya persiapkan. Saya akan belajar untuk membuat sebuah website yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli online. Selain itu, saya juga sedang memikirkan bisnis apa yang akan saya kembangkan nantinya yang sesuai dengan perkembangan yang ada. Dan yang terakhir yang saya pikirkan adalah bagaimana membuat situs jual beli dimana orang-orang merasa nyaman berbelanja di situs tersebut seperti misalnya langsung mencantumkan e-banking dalam situs tersebut sehingga para pembeli nantinya tidak perlu susah-susah untuk ke ATM atau membuka website bank tertentu untuk melakukan transaksi tersebut. 

Kelemahan saya dalam mencapai cita-cita ini sebenarnya juga cukup banyak. Pertama yaitu, saya sebenarnya masih kurang percaya dan kurang yakin untuk berbisnis setelah ketika SMA saya pernah ditipu oleh salah seorang penjual dimana uang saya sudah saya kirim namun barang tersebut tidak kunjung datang walaupun bisa dibilang nominal kerugian tersebut tidaklah terlalu besar namun membuat saya masih kurang percaya dengan transaksi online perorangan padahal hal tersebut adalah ketika saya sedang memulai bisnis di SMA. Kedua, saya rasa saya adalah orang yang cukup pemalas oleh karena itu saya masih berusaha untuk menyingkirkan sifat tersebut. Ketiga, saya adalah orang yang cukup cepat bosan akan sesuatu, karena itu terkadang jika saya sudah bisa atau bahkan tidak bisa terhadap sesuatu maka biasanya saya langsung berganti ke sesuatu yang lain namun, sifat tersebut juga sedang saya usahakan untuk dihilangkan agar kedepannya dapat menjadi orang yang lebih bersyukur dan tidak mudah bosan.

Harapan saya kedepannya, semoga cita-cita saya ini dapat terwujud. Semoga saya tidak bimbang terhadap banyaknya godaan yang datang. Semoga cita-cita saya ini nantinya dapat membuat saya membantu orang tua saya dan juga orang-orang sekitar saya yang membutuhkan pertolongan dan dapat bermanfaat bagi semua orang dan tentunya halal. Amin.

Mohon doanya ya semua. Terima kasih bagi para pembaca yang sudah menyempatkan waktu luangnya untuk membaca cerita singkat saya ini :). 

Nama : Muhammad Faishal Ilham
NRP : 5114100076

0 komentar:

Post a Comment