Thursday, December 18, 2014

CITA-CITAKU


Kalau ditanya mengenai cita-cita, jujur awalnya saya bingung mau jadi apa. Karena, kuliah di jurusan informatika ini sebenarnya bukan pilihan saya.Oleh karena itu, saya belum terlalu jauh memikirkan mau jadi apa nantinya. Bahkan, saya sendiri pernah berpikir untuk mengikuti SBMPTN tahun depan, karena saya merasa tidak cocok dan belum menpunyai ketertarikan agak besar pada materinya. Saya tidak merasakan kuliah yang sesungguhnya, kuliah saya seperti kuliah semu.

Dalam satu titik akhirnya saya merasakan kejenuhan sebagaimana yang diutarakan dalam ekonomi. Sehingga sekarang saya semakin percaya bahwa hukum sosial yang disebut “ Saturation Law “ itu memang benar adanya. Disitulah akhirnya, saya mulai berpikir akan masa depan saya ,sayang sekali rasanya jika saya meninggalkan jurusan ini, mengingat betapa banyak orang yang menginginkannya.

Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada bapak yang telah memberi tugas ini sehingga saya lebih terpaksa untuk berpikir akan cita-cita saya. Meskipun awalnya saya tidak tahu mengenai profesi-profesi di bidang IT, setelah saya  cari tahu, ada profesi yang menarik bagi saya, yaitu analis sistem. Mengapa analis sistem?,seperti namanya ,pastinya pekerjaan ini adalah pekerjaan yang didalamnya akan banyak menganalisis, dan saya suka akan hal itu.

Dalam profesi ini, kemampuan analisis dibutuhkan untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, yang mana pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Oleh karena itu, saya berpikir mungkin saya akan nyaman pada profesi ini.

Akan tetapi ada hal lain yang saya pikirkan, karena seperti yang saya katakan diatas bahwa saya tidak terlalu tertarik dalam bidang ini, sehingga saya mencari cara bagaimana saya bisa menyukai bidang IT. Karena mau tidak mau, inilah yang harus saya lakukan . Ternyata jawabannya kembali kepada apa yang saya inginkan, ketertarikan saya adalah pada bidang geologi. Karena dari dulu saya penasaran tentang bumi ini, saya suka menpertanyakan hal-hal mengenai bumi, kenapa begini? kenapa begitu?. Oleh karena itu, saya berpikir bahwa saya harus membuat semacam jembatan yang akan menghubungkan apa yang saya sukai dan saya inginkan dengan keadaan saya saat ini. Seperti kita ketahui, negara kita adalah negara yang banyak memiliki kelebihan, akan tetapi kekurangannya juga tidak kalah banyak dalam hal sumber daya alam.Negara kita sering menjadi santapan bencana alam, dari yang kecil, misal longsor sampai tsunami, luapan lumpur dan yang lain.



Maka dari itu saya berpikir untuk membuat program yang dapat membantu  hal tersebut, tidak tau bagaimana bentuknya, tapi sudah sedikit saya pikirkan. Sumber daya alam kita banyak, tapi bingung mengelolanya, sampai mencari minyak bumi saja mendatangkan warga asing. Ya, hal ini saja masih menjadi kesulitan bagi kita, padahal itu belum mengelola , hanya mencari. Negara ini banyak kandungan minyak buminya, tapi bukan mengimpor malah mengekspor, lucu memang (sedikit). Oleh karenanya, saya mulai memikirkan hal itu, apa yang akan dan bisa saya lakukan.

Adapun kelebihan saya adalah saya akan serius dalam mempelajari apa yang saya suka, dan saya mudah menerima masukan atau kritikan. Dan kekurangan saya yaitu ceroboh, suka menunda-nunda, terlalu memikirkan hal negatif yang akan terjadi, dan masih belajar pemrograman ( yang mana dulu tidak begitu saya suka, tapi sekarang saya akan mencoba menyukai ).

Usaha yang saya lakukan yaitu mencoba untuk kuliah di jurusan ini dengan baik. Hambatannya adalah kembali pada diri saya, yaitu saya belum begitu menyukai bidang ini, sehingga hambatan terbesar adalah saya harus berusaha untuk melawan ketidaksukaan saya pada materi kuliah, karena mau tidak mau, jalan menujuk kesana adalah menguasai materi kuliah terutama pemrograman.

Oleh karena itu, doakan saya agar bisa menyukai bidang ini, lebih tepatnya yang diatas menunjukkan saya ke jalan yang terbaik. Jadi, kalau memang ini adalah jalan yang terbaik, semoga saya dimudahkan, jika tidak, ya semoga saya tetap dimudahkan untuk berpindah ke bidang yang lain. Amin.

                                                                                                Riyadlatin Nufus

5114100151

0 komentar:

Post a Comment