Thursday, December 11, 2014

Cita-cita menjadi pencipta sosial media yang besar

Saya memiliki cita-cita yang besar. Yaitu menyatukan banyak orang di dunia maya dengan sebuah sosial media yang sangat besar dengan miliaran pengguna. Suatu layanan akan benar-benar hidup jika dimiliki dan digunakan oleh semua orang. Terutama jika semua orang merasa 'terikat' dan perlu mengecek sosial medianya setiap saat. Ini seperti mendigitalisasikan kehidupan seseorang kedalam suatu layanan yang sangat menyenangkan.

Saya mempunyai beberapa alasan yang kuat untuk melakukan hal ini. Alasan yang paling kuat adalah besarnya penghasilan yang akan saya dapatkan dari satu buah sosial media yang digunakan secara masif oleh banyak orang. Pendapatan ini bisa saja berasal dari berbagai jalur misalnya dari pihak luar maupun pengguna itu sendiri jika ingin menjadi anggota premium. Alasan kedua adalah menjadi terkenal sebagai pembuat sosial media yang besar layaknya para pendahulu seperti Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey.

Menurut Aristoteles, manusia disebut sebagai zoon politicon, atau makhluk sosial. Dimana manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain. Manusia mempunyai keinginan mendasar untuk melakukan interaksi dengan manusia lainnya. Ini menjadi peluang yang cukup besar bagi saya untuk membuat suatu sosial media yang baru, karena kebutuhan manusia akan interaksi ini tidak pernah punah.

Dalam mencapai impian saya yang indah ini, tentunya saya telah melakukan banyak persiapan diantaranya adalah mempelajari pemrograman terutama pemrograman web. Menurut saya ini adalah bekal dasar bagi seorang yang bekerja dengan latar belakang IT. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memperluas pergaulan dan menambah jumlah teman. Karena sosial media yang besar dan sukses adalah sosial media yang bisa nyaman dan menyenangkan untuk digunakan oleh semua orang. Dengan menambah dan memperluas pergaulan, tentunya saya bisa mendapat gambaran yang cukup baik tentang sosial media yang akan dibuat nantinya.

Dunia semakin berkembang. Dan tentunya ada banyak orang yang mempunyai cita-cita seperti saya. Semakin banyak yang memiliki pemikiran seperti ini, semakin banyak saingan saya untuk mewujudkan keinginan saya ini. Tentunya saya harus bisa bersaing dan berkreasi dalam membuatnya. Menurut saya ada dua hal yang menjadi tantangan besar dalam mewujudkannya. Pertama adalah mengalahkan sosial media yang lain untuk menjadi sosial media terbesar. Kedua adalah mendapatkan jutaan pengguna yang akan meramaikan sosial media saya. 

Hambatan yang saya alami saat ini adalah kesibukan saya yang benar-benar mengurangi waktu saya dalam pengembangan diri sehingga sedikit sekali waktu yang saya miliki untuk mengembangan ide-ide saya. Banyak orang-orang sukses membangun aplikasi atau website mereka di dalam masa kuliah, dimana ada banyak ide yang bisa didapatkan ketika berinteraksi dengan banyak teman yang saya miliki. Jadi, saya berharap bisa memiliki lebih banyak waktu luang untuk mengembangkan kemampuan saya dalam mewujudkan impian saya.

Kelemahan saya adalah masih sedikitnya ilmu yang saya miliki dalam bidang ini. Saya belum mengetahui tentang database dan belum mempunyai ilmu yang cukup dalam pemrograman web. Inilah yang harus saya kejar dalam waktu dekat. Karena akan ada banyak manfaat yang bisa saya dapatkan jika saya mempelajari dari nol ketimbang menggunakan layanan pembuatan website yang ada saat ini.

Kelebihan saya adalah saya menyukai bidang ini. Sehingga saya mempunyai keseriusan dalam pembuatan dan pengembangannya. Saya juga sedikit banyaknya sudah mengetahui tentang pemrograman, hanya perlu dikembangkan lagi agar menjadi lebih baik dan bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

Tosca Yoel Connery
5114100061

0 komentar:

Post a Comment