Wednesday, October 25, 2017

Belanja Online Via Instagram

Perubahan bertransaksi dari tunai menjadi non-tunai membuat kita semakin mudah dalam melakukan jual beli. diantara kemudahan yang akan kita temui dalam bertransaksi online yaitu kita dapat menghemat waktu dan tenaga karena hanya dengan explore via internet, kita sudah dapat melakukan transaksi terhadap barang atau jasa yang kita butuhkan.

Banyak aplikasi yang menjadi wadah dalam bertransaksi online. Namun tidak semua penjual menjadikan aplikasi tersebut sebagai wadah promosinya. Diantaranya mereka menggunakan sosial media sebagai ajang mereka memperkenalkan dan mempromosikan produknya, seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam bertransaksi online dalam bentuk pembelian tas melalui sosial media instagram. Produk yang saya beli merupakan produk self manufactured dengan merek dalam negeri.

Berikut merupakan dokumentasi transaksi online melalui media sosial Instagram yang saya lakukan :
  1. Buka web dan log in menggunakan akun pribadi dengan alamat https://www.instagram.com/.
  2. Cari produk dan dan akun online shop yang diinginkan. Kali ini saya membeli produk dengan akun online shop Heritage.


  3. Explore macam-macaam produk yang ditawarkan. Dan tentukan pilihan produk mana yang diinginkan. Kali ini saya tertarik dengan tas ransel kecil dengan warna broken white.
  4. Jika sudah yakin dengan pilihan yang telah kita tentukan, lakukan pengecekan apakah barang tersebut masih tersedia atau tidak dengan menghubungi kontak yang tertera pada biografi yang tercantum pada akun online shop tersebut. Kali ini saya menghubungi pihak penjual melalui aplikasi Whatsapp Messenger.

  5. Apabila produk tersedia, maka lanjutkanlah bertransaksi dengan melakukan pembookingan produk dan melakukan pembayaran. Transaksi pembayaran yang ditentukan setiap pemilik barang dan jasa bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lain. Namun kali ini transaksi pembayaran yang saya lakukan adalah transfer melalui ATM. Dan jangan lupa untuk melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran.
  6. Setelah kita melakukan pembayaran, maka barang akan segera dikirim ke alamat yang telah kita berikan. Seringkali kita juga diberikan resi pengiriman untuk mengetahui jalannya proses pengiriman. 
  7. Setelah produk dikirim oleh pihak penjual, maka kita tinggal menunggu waktu sampai produk tersebut sampai pada alamat yang kita tujukan. Waktu pengiriman transaksi pembelian saya kali ini membutuhkan waktu 1 hari untuk sampai di alamat saya.
  8. Alangkah baiknya apabila kita melakukan konfirmasi kepada penjual bahwa produk yang kita pesan telah sampai pada tujuan. Dan jangan lupa mengucapkan terimakasih ya.
Sekian ulasan tentang pengalaman bertransaksi online yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.



IHDIANNAJA
05111740007005

0 komentar:

Post a Comment