Wednesday, October 25, 2017

Barang Diskonan di Tokopedia?

Dizaman yang serba praktis ini kebutuhan sangat mudah didapatkan.Tentunya hal ini dapat terjadi dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat pesat.Jika dulu saat online shopping belom sepopuler sekarang, kita masih merasa kesulitan mencari barang -  barang yang kita inginkan, terutama barang -  barang yang memang langka dicari. Berterimakasihlah karena dengan kemajuan yang pesat ini kita mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan, melakukan transaksi dengan mudah, dan terkadang bisa mendapatkan harga yang lebih murah pula.

Sekarang, saya ingin menbagikan pengalaman saya membeli sebuah barang yang banting harga namun kualitas tetap sama. Barang yang saya beli merupakan sebuah Bluetooth speaker bermerk “Razer Leviathan Mini’. Mungkin speaker ini bukan jawara di kelasnya, namun hal yang membuat saya tertarik dengan speaker ini karena di tokopedia hamper semua olshop menjualnya dengan harga miring. Dari yang awalnya estimasi harga kisaran 2,5 juta, di Tokopedia banyak yang menjual 

dengan harga 1 juta rupiah. Tentu hal ini sangat menarik buat saya karena harga yang dibanderol cukup jauh dari harga aslinya.Namun, memang harga gabisa bohong. Dengan 1 juta rupiah, speaker ini hanya mendapatkan garansi 1 bulan dari pihak olshopnya. Hal ini dikarenakan memang barang ini merupakan barang cuci gudang. Tapi apa boleh buat, setelah saya membaca reviewnya speaker ini cukup baik.Kelemahannya hanya di harganya terlalu tinggi untuk speaker sekelas ini. Jadi tetap saya beli speaker ini.


Sebelum bertransaksi, saya melakukan diskusi produk dengan penjual, bagian ini sangat penting dalam proses bertransaksi. Karena disini kita bisa menanyakan hal- hal yang lebih detail tentang  cara pengiriman barang dan informasi penting lainnya tentang barang tersebut.

Di bawah ini merupakan screenshot diskusi produk saya.



Setelah saya merasa yakin dengan produk ini, saya melanjutkan transaksi saya, seperti menginput alamat saya, cara pembayaran dan pengiriman barang. Karena olshop ini terletak di Jakarta, dan rumah saya berada di Kota Tangerang, saya memutuskan untuk memakai jasa gosend same day karena biaya yang dikeluarkan sama dengan menggunakan jasa dari JNE dan TIKI. Namun yang saya pikir tentang gosend sameday adalah paket pengiriman via gosend yang akan langsung dikirimkan sesaat setelah saya melakukan transaksi. Namun ternyata bukan itu sistemnya. Gosend sameday akan mengirimkan paket maksimal 8 jam dari pembayaran transaksi, namun paket tidak langsung dikirimkan. Berbeda dengan menggunakan jasa gosend instant courier dimana dengan menggunakan jasa ini paket anda akan langsung dikirim setelah anda melakukan pembayaran.

Di bawah ini adalah bukti dari pesan saya yang berisi tentang misscom masalah pengiriman.







ini bukti invoice :





Memang sangatlah mudah bertransaksi online. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti detail barang, detail pengiriman, dan lain lainnya. Ingatlah cek dulu reputasi penjual di mata pembeli lain, karena hal ini adalah ujung tombak anda saat menentukan toko mana yg ingin ada beli barangnya.


Ida Bagus Rai Widnyana
STI C
05111740000087




0 komentar:

Post a Comment