Monday, October 23, 2017

Transaksi Online Mempermudah Kegiatan Jual-Beli

   



     Di zaman yang modern ini semua serba mudah. Pengembangan teknologi yang makin maju membuat aktifitas sehari-hari menjadi mudah, tidak perlu usaha yang terlalu berat. Dalam hal berbelanja misalnya. Kini kita tidak perlu lagi bersusah payah pergi keluar dari tempat tinggal kita untuk membeli barang yang kita inginkan. Anda cukup mengunduh aplikasi yang sudah tersedia, memilih barang yang anda inginkan, memesannya, dan voila! Barang tersebut diantarkan kepada anda melalui kurir.
      Salah satu contoh tempat jual beli online yang pernah saya gunakan adalah bukalapak. Disini akan saya jelaskan lebih rinci tentang pengalaman saya membeli pick gitar di situs jual beli online bukalapak.

1.Pertama-tama download aplikasi BukaLapak dari playstore.


2. Install aplikasi tersebut, lalu buka setelah penginstalan selesai. Jika sudah memiliki akun, anda tinggal login dan jika belum, silakan buat akun terlebih dahulu agar bisa menggunakan layanan yang ditawarkan BukaLapak. 
Setelah anda berhasil login, akan ditampilkan home dari situs jual beli BukaLapak. 


3. Ketik kata kunci dari barang yang anda cari, misalnya seperti saya yang mengetikkan 'pick gitar', untuk memfilter pencarian barang yang diinginkan.

4. Setelah menemukan list barang yang diinginkan, cari barang yang ingin anda beli dan jika sudah menemukannya, klik gambar barang tersebut dan pilih 'beli'.


5. Barang tersebut akan masuk list barang yang akan anda beli. Jika anda masih ingin membeli barang lain, klik 'tambah barang lagi' dan anda akan kembali ke halaman pilihan barang-barang yang anda cari sebelumnya. Jika anda tidak ingin membeli apa-apa lagi, klik 'lanjut ke pembayaran' dan anda akan otomatis diarahkan ke halaman pembayaran. Namun sebelumnya anda harus mengisi alamat pengiriman barang tersebut. Data yang diisikan harus jelas dan lengkap agar proses pengiriman barang tidak salah dan terhambat. Pilih jasa pengiriman yang diinginkan, bisa kilat atau reguler (biasanya yang kilat lebih mahal, tapi lebig cepat).
   Data yang harus diisikan di alamat pengiriman adalah provinsi, kota, kelurahan, kode pos, dan alamat rumah serta nomor yang dapat dihubungi. 

Jangan lupa untuk mengecek kembali barang yang ingin dibeli, apakah sudah benar atau tidak. Jika sudah, klik lanjut ke pembayaran.

6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan. Bisa melalui Buka Donpet, transfer, virtual account, BCA clickpay, Mandiri clickpay, kartu visa, Mandiri E-Cash, rekening ponsel, indomaret, alfamart, Kredivo, atau pos Indonesia.
Saya memilih pembayaran melalui transfer. Setelah saya pilih, muncul gambar seperti i


Anda diberi jumlah uang yang harus ditransfer serta batas akhir pembayaran/ transfer dilakukan.
Selain itu, pilihan nomor rekening juga diberikan dengan berbagai pilihan bank.

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, BukaLapak akan melakukan verifikasi otomatis dan barang pun akan dikirim ke alamat tujuan.
Namun jika sampai batas waktu pembayaran belum dilakukan, maka pembelian dianggap batal/ kadaluwarsa.

Anda bisa melihat rincian pembelian di detail tagihan


Tanpa perlu bersusah payah, pembelian barang-barang dapat dilakukan dengan sangat mudah hanya melalui gadget anda.  Setelah pembelian sudah dilakukan, anda hanya perlu menunggu dengan tenang di rumah karena barang tersebut akan diantarkan pada anda tanpa perlu repot-repot. Mudah bukan?



Aurelia Fairuz Rachmadi
05111740000141
STI C





0 komentar:

Post a Comment