Wednesday, October 25, 2017

Belanja Di "BukaLapak", Aman Dari Sengatan Matahari Surabaya

Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah belanja online. Kita tidak perlu pergi ke tokonya, menghabiskan ongkos, terkena macetnya lalu lintas, terkena polusi , terkena tilang polisi, dan terkena teriknya sinar matahari Surabaya.


Awal cerita, saya yang baru pindah ke Asrama Mahasiswa ITS merasa malas untuk keluar kamar karena alasan-alasan yang saya sebutkan sebelumnya. Karena kemalasan itulah saya ingin membeli sebuah kompor listrik, ya setidaknya untuk masak mie instan. Tetapi, karena saya tidak tahu dimana toko yang menjual kompor listrik, dan malas untuk berkeliling Surabaya, saya memutuskan untuk mencari barangnya di aplikasi BukaLapak.


Beginilah tampilan awal aplikasi BukaLapak. Agar kita dapat mulai berbelanja, terlebih dahulu kita harus memiliki akun dan login ke Aplikasi BukaLapak. Untuk membuat atau login, dapat menekan ikon dengan kata “Akun” di bawahnya. Berikut penampakan setelah kita menekan ikon tersebut.



Karena saya telah memiliki akun, maka langsung saja saya memilih login. Beginilah penampakan selanjutnya.

Setelah login, kita dapat mencari barang yang kita inginkan dengan search engine yang ada pada halaman awal. Disini saya mencari kompor listrik.


Agar ongkos kirim nantinya lebih murah, alangkah baiknya kita melakukan filter lokasi penjual dengan menekan tombol “Filter”. Kemudian kita memilih tab “Dikirim Dari” lalu kita mencari lokasinya di Surabaya. Seperti ini penampakannya.


Kemudian tekan “Terapkan”.


Taraaaa. Sekarang barangnya yang muncul berasal dari Surabaya. Tapi alangkah baiknya kita urutkan dari harga terendah agar dapat barang lebih murah. Tekan “Urutkan” kemudian pilh “Termurah”. Dan hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.


Yang muncul agak aneh emang, tapi kita bisa scroll, dan bisa memilih kompor dengan harga termurah. Jika dirasa cocok, kita bisa menekan barangnya, untuk melihat-lihat deskripsinya dulu.


Jika kita sudah merasa cocok dengan barangnya, maka tekan tombol “Beli”. 


Lalu kita bisa mengatur berapa banyak barang yang ingin di beli. Karena saya gak butuh lebih dari 1, maka saya beli 1 saja. Kemudian “Lanjut ke Pembayaran”.


Kemudian akan muncul tampilan seperti di atas. Pada tahap ini kita harus mengisi alamat ke mana barang itu akan dikirimkan dana memilih jasa pengiriman yang diinginkan. Jika dirasa sudah pas, “Lanjut ke Pembayaran”.


Selanjutnya, kita pilih metode pembayaran yang kita inginkan, disini saya memilih “Transfer”. Jika sudah, tekan “Bayar”.


Selanjutnya akan muncul jumlah uang yang harus kita transferkan. Jumlahnya berbeda dengan yang sebelumnya kan? Itu karena BukaLapak menerapkan kode unik, kode unik ini akan memudahkan untuk nantinya memverifikasi otomatis apakah uang sudah ditransferkan atau belum. Selanjutkan kita “Lihat Tagihan Pembayaran”


Untuk para pengguna e-banking di smartphonenya, bisa menekan salin jumlah transfernya agar tidak salah mengirim jumlah uangnya nanti. Di paling bawah ada status barang kita. Nantinya jika barang sudah dikirim, kita bisa mengecek dimanakah barang tersebut berada. Jika barang telah sampai, kita melakukan konfirmasi dan jika ada masalah bisa melakukan komplain. Jika semua beres dan tidak ada masalah, makan transaksi akan selesai. Beginilah tampilan jika transaksi telah selesai.


Sekian coretan saya pada kali ini. Terima kasih sudah membacanya, semoga bermanfaat.

Nama  : Ahmad Syauqi
NRP     : 05111740000093




0 komentar:

Post a Comment