Wednesday, October 25, 2017

Beli Pulsa melalui Blanja.com : Cukup Transfer dan Tunggu






Semakin berkembangnya teknologi sebagai sarana pendukung dalam kehidupan manusia, semakin beraneka ragam inovasi teknologi yang muncul untuk memuaskan keinginan individu. Teknologi saat ini menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam melakukan transaksi jual-beli secara online. Banyak sekali startup yang berbasis marketplace yang mampu melayani kebutuhan para konsumen secara efektif tanpa harus bertemu secara langsung (face to face) dengan penjual. Contoh dari e-commerce di Indonesia adalah situs blanja.com, salestock, lazada, bukalapak, tokopedia, dan lain-lainnya.  Disini saya akan mencoba untuk memberikan langkah-langkah dalam melakukan pemesanan di salah satu e-commerce yang ada di Indonesia, yaitu blanja.com. Kali ini barang yang saya pesan adalah pulsa. Berikut ini  langkah-langkah dalam melakukan pemesanana hingga barang pesanan sampai :

1. Masuk ke situs blanja.com
    Sebelum melakukan pemesanan, pembeli harus masuk ke dalam situs blanja.com. Pembeli dapat membuka situs https://m.blanja.com di google chrome atau mendownload aplikasinya di play store.

2. Login atau daftar akun
    Untuk melakukan pemesanan, pembeli harus memiliki akun di blanja.com. Bagi pembeli yang   sudah mendaftar, cukup login username dan password untuk masuk ke toko online. Sedangkan yang belum memliliki, cukup registrasi menggunakan username, email, dan password. Tunggu mendapatkan email berupa konfirmasi akun dari pihak e-commerce yang dipakai. Setelah itu,             barulah Anda dapat masuk dan melihat list berbagai produk yang dapat dibeli.


3.  Mencari kategori barang yang akan dibeli
     Pembeli dapat memasukkan kategori barang pada kotak pencarian atau dapat pilihan menu       kategori yang tersedia dalam situs blanja.com untuk memudahkan klasifikasi produk yang dibeli. Jika yang dicari baju, maka Anda dapat memilih menu kategori produk fashion & aksesoris. Karena barang yang saya beli adalah pulsa elektrik, maka saya cukup menekan shortcut pulsa yang terletak pada menu home dari blanja.com.


4.  Memasukkan nomor telepon
  Untuk membeli pulsa, pembeli perlu memasukkan nomor telepon. Dari nomor tersebut, blanja.com secara otomatis mendeteksi provider mana yang dipakai oleh si calon pembeli. Maka dari itu, pembeli tidak perlu bingung untuk mencari kolom/kotak jenis kartu prabayar yang  dipakai. Setelah selesai memasukkan nomor, pembeli dapat memilih berapa nominal pulsa yang diperlukan sesuai ketersediaan yang ada pada blanja.com.


5. Menekan button "Beli Sekarang"
  Jika telah mengisi nomor dan melakukan pilihan nominal yang diperlukan, pembeli dapat melakukan pemesanan dengan menekan button “Beli Sekarang” yang telah disediakan. Seusainya, Anda akan dibawa menuju ke halaman selanjutnya mengenai jenis pembayaran yang akan dipakai.


6.  Memilih metode pembayaran
Untuk melakukan pembayaran, pembeli dapat memilih satu dari beberapa metode yang telah disediakan oleh pihak blanja.com. Dari tujuh jenis pembayaran (T-Cash, debit online, KlikBCA, bank transfer, kartu kredit, bayar via ATM, dan BCA KlikPay), saya memlilih metode bayar via ATM. Setelah memilih, tekan button “BAYAR”.


7.  Proses pemesanan selesai
Dari sini, pembeli dapat mengetahui masa berlaku pemesanan, nomor rekening pihak blanja.com sesuai bank yang tersedia dan pembeli pilih, serta kode pembayaran untuk melakukan transaksi sesuai metode pembayaran yang  dipilih sebelumnya. Untuk memantau kembali progress pemesanan, Anda dapat menekan user button dan memilih dashboard -> pembelian.

8. Melakukan transfer ke nomor rekening yang dipilih
   Lakukan transfer sebelum batas expired. Untuk pembelian pulsa, Anda cukup menekan pilihan “Bayar” -> “HP/Telepon” -> “Telkom/Speedy” -> Masukkan 12 digit kode pembayaran sesuai yang diberi oleh pihak blanja.com sesuai bank keinginan pembeli -> Konfirmasi kebenaran kode pembayaran -> Selesai. Setelah mentransfer, pembeli akan mendapat struk sebagai bukti telah melakukan transferan uang sejumlah yang tertera pada pemesanan ditambah dengan ongkos kirim.


9. Pemberitahuan saldo pulsa telah masuk
Sehabis menunggu beberapa menit, muncul pemberitahuan dari dashboard -> pembelian berupa seluruh lima tanda berwarna hijau. Hal ini menandakan jika barang yang dipesan telah sampai pada pembeli. Selain itu, muncul pemberitahuan dari provider berupa SMS saldo pulsa yang telah dipesan.

10. Transaksi jual-beli online selesai
      Pembeli dapat menggunakan pulsa yang telah dibeli untuk keperluan dalam berkomunikasi.

Itulah langkah-langkah dalam melakukan pemesanan produk pulsa di blanja.com. Untuk pembeliaan barang yang lain, petunjuk hampir sama namun pembeli harus menunggu sekitar beberapa hari agar barang pesanan sampai di tangan dan konfirmasi bukti pembayaran berupa foto struk.

Nama         :Bella Septina Ika Hartanti
Kelas         : STI C
NRP          : 05111740000117









0 komentar:

Post a Comment