Sunday, October 22, 2017

GELANG SEPATU GELANG



Pada kesempatan kali ini, saya akan bercerita tentang transaksi online yang saya lakukan baru-baru ini. Ketika diminta untuk menulis tentang transaksi online sebagai tugas, saya awalnya bingung, transaksi apa yang harus saya lakukan. Apakah menjual barang atau membeli barang. Tetapi, karena saya tidak punya barang untuk dijual, maka saya memilih untuk membeli. Saya kembali bingung, apa yang harus saya beli. Setelah berpikir, saya akhirnya menemukan barang apa yang saya butuhkan. Sepatu. Surabaya dengan cuaca panasnya membuat kaki saya menjadi belang jika bepergian hanya dengan sandal atau flat shoes saja. Akhirnya saya mulai mencari sepatu di berbagai situs online.
Namun kali ini, saya ingin mencoba situs yang belum pernah saya gunakan, yaitu Shopee. Shopee memang bukan situs baru lagi, namun saya belum pernah mencobanya. Begitu ada kesempatan seperti ini, langsung saya coba.

Hal yang harus dilakukan untuk membeli barang di situ Shopee yaitu :
  1. Pastikan aplikasi shopee terinstall di android kita. Jika belum ada, kita bisa download dari Google Play Store.
  2. Pastikan kita memiliki akun Shopee. Segera setelah aplikasi terinstall, lakukan registrasi. Registrasi hanya membutuhkan data berupa nomor telepon aktif, username, dan password. Selanjutnya akan diminta untuk melengkapi jenis kelamin, tanggal lahir, email, dan foto profil, serta alamat.
     
  3.  Setelah memiliki akun, pergi ke beranda Shopee dan ketikkan barang yang ingin dibeli di kolom pencarian. Karena ingin membeli sepatu, maka saya mengetikkan sneakers wanita.
  4.   Akan keluar banyak pilihan barang yang berkaitan. Kita tinggal mencari saja yang sesuai dengan selera.
     
  5.   Jika sudah menetapkan pilihan, silahkan membuat pesanan. Tetapi, hendaknya cermati dulu kualitas dari barang yang akan dibeli maupun sellernya. Hal ini dapat dilihat dari review pembeli sebel-sebelumnya. Jika dirasa memuaskan, maka kita akan tenang dalam memesan. Namun, jika reviewnya kurang memuaskan, maka lebih baik mencari yang lain saja daripada ada hal yang tidak diinginkan. Saya terbiasa melakukan chat untuk menanyakan ketersediaan barang dan kualitas barang kepada penjualnya langsung.
     


  6. Pembuatan pesanan dimulai dengan mengklik “Beli Sekarang”.
  7.  Kemudian pesanan akan masuk ke menu “Keranjangku”. Lalu klik “Check Out” untuk melanjutkan.




  8. Setelah itu kita diminta mengisi alamat lengkap kemana barang akan dikirim. Seteah selesai, klik “Kirim”. 
  9.   Lalu akan dilakukan pengecekan ulang pesanan, dimulai dengan alamat. Kemudian klik “LANJUT : OPSI PENGIRIMAN”. 
  10. Pada opsi pengiriman, akan tertera jenis ekspedisi pengiriman yang akan digunakan. Disini kita dapat memilihnya. Tetapi, saya mendapatkan promo bebas ongkir, jadi saya tidak dapat memilih ekspedisi. Pada opsi ini juga kita dapat meninggalkan catatan atau note untuk penjual mengenai barang pesanan kita. Saya meninggalkan note berupa ukuran sepatu. 
  11. Lalu lanjut ke metode pembayaran. Terdapat banyak pilihan dalam pembayaran, yaitu dengan ShopeePay, kartu kredit/debit online, Indomaret, transfer bank, dan pembayaran kredivo. Saya memillih membayar melalui transfer bank. Jangan lupa memilih bank yang akan digunakan. 
  12. Lalu akan tampil rincian pesanan, mulai dari produk yang dipesan, alamat, pengiriman, dan metode pembayaran. Jika dirasa sudah benar, kita bisa mengklik “BUAT PESANAN”. 
  13. Setelah itu, kita akan diberikan nomor rekening Shopee untuk melakukan transfer. Setelah itu klik “OK”.
  14. Pesanan akan masuk ke menu “Belum Bayar”. Setelah melakukan pembayaran, lakukan konfirmasi dengan mengklik ”Bayar Sekarang”.




  15.  Setelah dikonfirmasi, rincian pesanan akan masuk ke seller dan seller akan melakukan pengemasan. Pesanan akan beralih ke menu “Dikemas”.
  16.  Seller diberikan batas waktu pengemasan selama 3 hari. Setelah selesai dikemas, barang kemudian dikirim. Pesanan berpindah ke manu “Dikirim”.
  17.  Jika seller sudah mengirimkan barang, kita akan diberikan nomor resi untuk melacak keberadaan barang kita. Tinggal tunggu barang sampai ke tangan.

6 hari kemudian, barang pesanan saya telah tiba.
Setelah barang diterima, kita wajib melakukan konfirmasi agar seller dan Shopee mengetahui bahwa barang telah sampai ke tangan konsumen. Kita juga dapat memberikan review tentang barang untuk membantu orang lain yang ingin membeli barang serupa.

 



Sekian cerita saya tentang transaksi online kali ini. Tetap menjadi Smart buyer jika ingin berbelanja online, karena penipuan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Terima kasih :)


Atika Rizki Nurakhmah 
05111740000015




 

0 komentar:

Post a Comment