Sunday, October 22, 2017

Recommended Online Bookstore

Kemajuan teknologi saat ini tidak dipungkiri membuat kemudahan dalam aspek apapun. Salah satunya yaitu dalam melakukan transaksi online. Transaksi online bisa dilakukan dalam berbagai bidang, seperti belanja, e-money, e-commerce, dan lain sebagainya. Kali ini saya akan membahas mengenai belanja, khususnya belanja di toko buku online.

Meskipun fasilitas e-book sudah ada, namun buku dalam bentuk fisik masih banyak digandrungi oleh banyak orang.  Tetapi ada beberapa daerah yang tidak menyediakan toko buku. Sehingga toko buku online menjadi salah satu alternatif untuk membeli buku. Saya akan membahas pengalaman saya berbelanja di salah satu toko buku online yaitu bukukita.com.


Alasan mengapa saya memilih bukukita.com daripada "toko buku" lainnya yaitu banyaknya diskon yang ditawarkan. Meskipun ongkos kirimnya relatif mahal, namun masalah pengiriman cukup memuaskan. Tanpa perlu berlama-lama, inilah cara berbelanja di bukukita.com

1. Masuk ke website bukukita.com kemudian cari buku yang anda inginkan. Perlu diingat untuk melakukan transaksi di webiste ini, kita harus membuat akun terlebih dahulu.


FYI: untuk kalian yang ingin mencari rekomendasi buku yang akan dibeli, saya sarankan untuk melihat di twitter bukukita.com: @bukukita atau pada website bukukita.com pilih menu Buku => Buku Rekomendasi. Selain itu, saya biasanya juga melihat di goodreads.com untuk rekomendasi buku-buku baik dalam maupun luar negeri.


2. Setelah memilih buku yang diinginkan, klik "Beli". Sebelumnya perhatikan lokasi stok yang ada di identitas buku.


 Ada dua kemungkinan lokasi stok yang ada. Jika lokasi stok menunjukkan "Stok Tersedia", maka buku tersedia di gudang bukukita.com dan bisa langsung dikirim saat kalian sudah membayar dan konfirmasi. Jika lokasi stok menunjukkan "Gudang Penerbit", maka buku masih tersedia di gudang penerbit dan membutuhkan 1-2 hari untuk mengambilnya. Karena itu pengirimannya menjadi lebih lambat. Disini saya memilih buku berjudul "Steve Jobs: Kisah Hidup Seorang Seniman Komputer yang Mengubah Dunia" karya Sony Adams yang lokasi stoknya "Stok Tersedia".

3. Setelah selesai memilih buku yang diinginkan, kita masuk ke keranjang belanja. Disana ditunjukkan buku apa saja yang akan dibeli, dan jumlah yang harus dibayar.Kita juga menulis nama penerima, alamat tujuan, nomor telepon, cara pembayaran, dan jasa pengiriman.
4. Setelah itu, kita melihat konfirmasi pembayaran. Pastikan nama penerima, alamat yang dituju, dan cara pembayaran sudah benar.Disana juga tertera nomor rekening (bagi yang melakukan transfer) tujuan untuk kita membayar.
5. Kita akan menerima email yang menunjukkan konfirmasi pesanan. Dengan menerima email ini, kita bisa membayar baik dengan cara transfer maupun setor tunai. Batas waktu pembayaran biasanya 2-3 hari.

6. Setelah kita melakukan pembayaran, kita harus melakukan konfirmasi pembayaran. Jika kita tidak melakukannya, pembayaran buku kita tidak akan bisa diproses dan dianggap tidak jadi membeli meskipun uang sudah ditransfer. Caranya yaitu masuk ke website bukukita.com => Transaksi => Konfirmasi Pembayaran. Disana kita menuliskan berapa banyak yang kita transfer,nomor rekening kita, dan meng-upload bukti pembayaran.



7. Tunggu kira-kira beberapa jam atau 1 hari, sampai kita menerima email konfirmasi pembayaran. Jika kita sudah menerima email ini, maka pemesanan buku sudah diproses. Untuk lokasi stok "Stok Tersedia" buku bisa langsung dikirim jika stok masih ada (seringkali ada buku yang pemesannya banyak, namun stoknya sedikit. Dapat-tidaknya buku tergantung pembayaran kita. Bisa dikata: lebih cepat membayar lebih baik. Jika stok sudah habis, kita akan menerima email pembatalan dan uang kita akan direfund. ). Sedangkan untuk lokasi stok "Gudang Penerbit", supplier akan mengambil buku yang diinginkan di gudang penerbit kira-kira 1-2 hari. Jika buku tersedia, buku akan langsung dikirim.



8. Selanjutnya kita akan menerima email informasi pengiriman. Ini menandakan bahwa buku kita sudah dikirim. Disini juga tertera nomor resi, sehingga kita bisa melacak barang sampai mana. (Hal ini juga dapat dilihat di website bukukita.com => Transaksi => Status Pengiriman).


9. Tunggu beberapa hari, daann... sampailah buku yang kita inginkan.


Inilah cara untuk memesan buku di bukukita.com. Meskipun banyak pro dan kontra mengenai kualitas toko buku ini, tidak ada salahnya untuk mencoba berbelanja di bukukita.com.




Meila Kamilia
05111740000189

0 komentar:

Post a Comment