Zaman sekarang, transaksi online sudah sangat familiar bagi
kita. Salah satunya adalah aplikasi shopee. Di aplikasi ini, kita dapat mencari
berbagai jenis barang yang kita butuhkan dengan berbagai penjual dari
bermacam-macam daerah dan berbagai macam harga barang. Kali ini saya akan
bertransaksi online di shopee, saya akan membeli jepit rambut atau biasa
dibilang jedai.
1. Kita harus sudah mempunyai aplikasi shopee. Jika
belum, kita bisa mendownloadnya di playstore. Kemudian kita membuat akun di
shopee. Setelah itu kita cari barang yang kita inginkan. Disini saya mencari
jedai.
2. Setelah ketemu barang
yang kita cari, kemudian kita pilih fitur chat untuk memastikan kepada penjual
apakah barang yang akan kita beli ada
3. Setelah itu kita pilih
“beli sekarang”. Kemudian kita mengisi jumlah barang yang akan kita beli,
biasanya terdapat pilihan warna barang, namun kali ini tidak ada sehingga kita
harus meninggalkan pesan tentang warna yang kita inginkan di bagian opsi pengiriman. kemudian pilih "beli"
4. Kemudian kita pilih
“checkout” lalu kita mengisi data diri kita berupa nama, nomer hp, dan alamat
kita. Kalau sudah, kita pilih “lanjut:opsi pengiriman”
5. Pada opsi pengiriman,
kita bisa memilih barang tersebut akan dikirimkan melalui jne regular, jne oke
atau gojek(tetapi hanya beberapa penjual yang menggunakan gojek). Disini saya
memilih menggunakan jne oke. Pada bagian ini, kita juga dapat meninggalkan
pesan kepada penjual mengenai warna yang kita pilih atau yang lain. Kemudian
pilih “lanjut: metode pembayaran”
6. Pada bagian metode
pembayaran, kita bisa memilih melalui apa kita akan membayar barang tersebut.
Karena tidak semua penjual menyediakan COD. Disini kita bisa membayar dengan
kartu kredit atau melalui indomaret dan bank. Pada opsi bank, terdapat dua
pilihan yaitu dicek manual(dimana kita harus mengupload bukti transfer) dan
dicek otomatis(tidak perlu upload bukti transfer). Disini saya memilih untuk
membayar melalui bank bni, karena letak indomaret cukup jauh. Kemudian
pilih“lanjut: konfirmasi informasi”
7. Pada bagian konfirmasi
informasi kita akan memeriksa apakah barang, data diri, metode pembayaran, dan
opsi pengirimannya sudah benar. Jika sudah pilih “buat pesanan”
8. Pesanan akan masuk di
bagian belanjaanku tepatnya pada bagian “belum dibayar”. Kita bisa membatalkan pesanan atau mengubah metode
pembayaran apabila kita melihat rincian pesanan kita. dan apabila kita memilih pilihan "bayar sekarang" akan muncul nomer rekening atau kode pembayaran (apabila melalui indomaret) yang harus kita transfer beserta panduan untuk melakukan transfer atau pembayaran.
9. Lalu kita bayar pesanan
tersebut. Karena saya memilih “dicek otomatis” sehingga saya tidak perlu
mengupload bukti transfer. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa pembayaran
telah di konfirmasi. Setelah penjual mengirimkan barangnya, akan muncul notifikasi yang disertai nomer resi barang tersebut. Dan apabila kita melihat rincian pesanannya akan terdapat pilihan status pengiriman, disitu kita bisa melihat lokasi barang tersebut.
10. Setelah tiga hari, barang yang saya pesan telah sampai. Jika barang telah
sampai. Maka kita pilih "pesanan diterima" pada rincian pesanan. kemudian kita pilih konfirmasi. kemudian akan terdapat pilihan “nilai” dimana kita dapat
memberikan komentar mengenai barang tersebut atau mengenai si penjual barang dan dapat disertai dengan foto.
Karina Soraya P
05111740000003
Gimana kalo kita ga konfirmasi pesanan telah diterima?
ReplyDelete