Sejak
kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan
menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet).
Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online shop) dengan mudah dan
nyaman, dan dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi yang
nyaman di depan computer. Melakukan transaksi online sangatlah praktis. Mengapa
begitu? Karena para pembeli cukup melakukan pencarian barang yang mereka
inginkan melalui internet, lalu menghubungi para penjual untuk mengkonfirmasi
lebih lengkap tentang barang yang mereka inginkan serta melakukan transaksi
pembayaran melalui atm hingga akhirnya barang tersebut sampai ke tangan mereka
sendiri. Salah satu contoh yakni saya, saya telah melakukan pembelian cardigan
melalui transaksi online. Berikut dokumentasi saya tentang pembelian cardigan
melalui transaksi online tersebut :
Proses Pencarian Barang
1.
Untuk pencarian barang yang diinginkan , saya menggunakan aplikasi Instagram ,
dimana sebagian besar pengguna Instagram adalah para Online Shop.
2.
Sebelum memulai pencarian barang , anda harus log-in Instagram terlebih dahulu
dan pastikan anda memiliki akun Instagram. Jika anda tidak memiliki akun
Instagram , disarankan untuk membuat akun Instagram terlebih dahulu. Namun,
jika anda sudah memiliki akun Instagram , anda dipersilahkan untuk log-in
aplikasi Instagram tersebut.
3.
Setelah berhasil log-in , anda bisa langsung mencari akun online shop yang
menjual barang yang anda inginkan dan di sarankan anda mengikuti (follow) akun online shop tersebut.
4.
Setelah mengikuti (follow) akun online shop tersebut , anda bisa langsung
mencari barang yang anda inginkan.
5.
Setelah menemukan barang yang anda inginkan , pastikan anda harus memperhatikan keterangan barang anda , setelah itu , anda bisa langsung menghubungi si
penjual melalui contact person yang tersedia di bio instagram online shop
tersebut.
Proses Pemesanan Barang
1.
Untuk menghubungi si pemilik online shop, saya menggunakan aplikasi Line.
Dimana jika anda ingin menghubungi si pemilik online shop melalui aplikasi
Line,
namun
tidak memiliki id Line , disarankan anda untuk membuat id Line terlebih
dahulu,
baru
menghubungi si pemilik online shop. Setelah itu anda harus menambahkan (add id
Line) si pemilik online shop menjadi teman Line kita terlebih dahulu agar bisa
berkomunikasi dengan si pemilik online shop tersebut.
2.
Untuk memulai percakapan dengan si penjual , pastikan anda menghubungi si
pemilik online shop dengan benar (tidak menghubungi orang yang salah).
3.
Setelah memastikan , anda juga harus memastikan barang yang anda inginkan
tersedia atau tidak tersedia (barang sudah habis).
4.
Setelah memastikan barang masih tersedia, anda bisa langsung mengkonfirmasi
barang apa saja yang ingin anda beli (order) sesuai dengan format order yang
diberikan oleh si penjual (jika format ordernya ada). Jika tidak diberi format
order, biasanya format order berisikan tentang identitas si pembeli (berupa
nama lengkap, alamat lengkap serta nomor hp) dan orderan barang yang ingin
dibeli.
5.
Setelah memberi format order , si penjual langsung memberi totalan belanjaan
yang harus dibayar , serta nomor rekening bank yang dimiliki si penjual , untuk
melakukan pembayaran dari si pembeli . Dimana totalan belanjaan tersebut sudah
termasuk ongkos pengiriman barang dari lokasi si penjual menuju lokasi si
pembeli.
6.
Setelah melakukan transaksi pembayaran , anda harus memberi bukti transaksi
pembayaran kepada si penjual (jika diminta oleh si penjual) , setelah itu
barang anda di proses untuk di kirim ke lokasi tujuan . Namun , disarankan anda
meminta nomor resi pengiriman barang anda sebagai bukti bahwa barang anda sudah
dikirim oleh si penjual. Dan apabila barang sudah dikirim , tugas si
penjual sudah selesai dan anda tinggal menunggu paket kiriman barang anda
sampai ke lokasi anda dengan selamat.
Bukti Pembayaran
Proses Pengiriman Barang
1.
Untuk mengecek barang anda sudah dikirim apa belum, anda bisa buka web
www.jne.co.id (jika pengiriman barang melalui jne).
2.
Setelah itu, anda bisa langsung memasukkan nomor resi pengiriman barang anda di
bagian Trace anda Tracking.
3.
Setelah itu anda bisa melihat apakah nomor resi tersebut benar-benar atasnama
anda serta lokasi tujuannya benar. Jika sudah benar anda bisa melihat status
pengiriman barang anda. Jika status barang anda adalah "On Process" ,
maka barang anda lagi diperjalanan menuju lokasi anda . Tapi jika status barang
anda menjadi "Delivered" , maka barang anda sudah sampai ke tempat
tujuan dengan selamat .
Barang sampai...
Praktiskan Transaksi Online...
Nama : Vinsensia Sipriana Zega
NRP : 5114100066
Sejak
kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan
menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet).
Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online shop) dengan mudah dan
nyaman, dan dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi yang
nyaman di depan computer. Melakukan transaksi online sangatlah praktis. Mengapa
begitu? Karena para pembeli cukup melakukan pencarian barang yang mereka
inginkan melalui internet, lalu menghubungi para penjual untuk mengkonfirmasi
lebih lengkap tentang barang yang mereka inginkan serta melakukan transaksi
pembayaran melalui atm hingga akhirnya barang tersebut sampai ke tangan mereka
sendiri. Salah satu contoh yakni saya, saya telah melakukan pembelian cardigan
melalui transaksi online. Berikut dokumentasi saya tentang pembelian cardigan
melalui transaksi online tersebut :
Proses Pencarian Barang
1.
Untuk pencarian barang yang diinginkan , saya menggunakan aplikasi Instagram ,
dimana sebagian besar pengguna Instagram adalah para Online Shop.
2.
Sebelum memulai pencarian barang , anda harus log-in Instagram terlebih dahulu
dan pastikan anda memiliki akun Instagram. Jika anda tidak memiliki akun
Instagram , disarankan untuk membuat akun Instagram terlebih dahulu. Namun,
jika anda sudah memiliki akun Instagram , anda dipersilahkan untuk log-in
aplikasi Instagram tersebut.
3.
Setelah berhasil log-in , anda bisa langsung mencari akun online shop yang
menjual barang yang anda inginkan dan di sarankan anda mengikuti (follow) akun online shop tersebut.
4.
Setelah mengikuti (follow) akun online shop tersebut , anda bisa langsung
mencari barang yang anda inginkan.
5.
Setelah menemukan barang yang anda inginkan , pastikan anda harus memperhatikan keterangan barang anda , setelah itu , anda bisa langsung menghubungi si
penjual melalui contact person yang tersedia di bio instagram online shop
tersebut.
Proses Pemesanan Barang
1.
Untuk menghubungi si pemilik online shop, saya menggunakan aplikasi Line.
Dimana jika anda ingin menghubungi si pemilik online shop melalui aplikasi Line,
Dimana jika anda ingin menghubungi si pemilik online shop melalui aplikasi Line,
namun
tidak memiliki id Line , disarankan anda untuk membuat id Line terlebih
dahulu,
baru
menghubungi si pemilik online shop. Setelah itu anda harus menambahkan (add id
Line) si pemilik online shop menjadi teman Line kita terlebih dahulu agar bisa
berkomunikasi dengan si pemilik online shop tersebut.
2.
Untuk memulai percakapan dengan si penjual , pastikan anda menghubungi si
pemilik online shop dengan benar (tidak menghubungi orang yang salah).
3.
Setelah memastikan , anda juga harus memastikan barang yang anda inginkan
tersedia atau tidak tersedia (barang sudah habis).
4.
Setelah memastikan barang masih tersedia, anda bisa langsung mengkonfirmasi
barang apa saja yang ingin anda beli (order) sesuai dengan format order yang
diberikan oleh si penjual (jika format ordernya ada). Jika tidak diberi format
order, biasanya format order berisikan tentang identitas si pembeli (berupa
nama lengkap, alamat lengkap serta nomor hp) dan orderan barang yang ingin
dibeli.
5.
Setelah memberi format order , si penjual langsung memberi totalan belanjaan
yang harus dibayar , serta nomor rekening bank yang dimiliki si penjual , untuk
melakukan pembayaran dari si pembeli . Dimana totalan belanjaan tersebut sudah
termasuk ongkos pengiriman barang dari lokasi si penjual menuju lokasi si
pembeli.
6.
Setelah melakukan transaksi pembayaran , anda harus memberi bukti transaksi
pembayaran kepada si penjual (jika diminta oleh si penjual) , setelah itu
barang anda di proses untuk di kirim ke lokasi tujuan . Namun , disarankan anda
meminta nomor resi pengiriman barang anda sebagai bukti bahwa barang anda sudah
dikirim oleh si penjual. Dan apabila barang sudah dikirim , tugas si
penjual sudah selesai dan anda tinggal menunggu paket kiriman barang anda
sampai ke lokasi anda dengan selamat.
Bukti Pembayaran
Proses Pengiriman Barang
1.
Untuk mengecek barang anda sudah dikirim apa belum, anda bisa buka web
www.jne.co.id (jika pengiriman barang melalui jne).
2.
Setelah itu, anda bisa langsung memasukkan nomor resi pengiriman barang anda di
bagian Trace anda Tracking.
3.
Setelah itu anda bisa melihat apakah nomor resi tersebut benar-benar atasnama
anda serta lokasi tujuannya benar. Jika sudah benar anda bisa melihat status
pengiriman barang anda. Jika status barang anda adalah "On Process" ,
maka barang anda lagi diperjalanan menuju lokasi anda . Tapi jika status barang
anda menjadi "Delivered" , maka barang anda sudah sampai ke tempat
tujuan dengan selamat .
Praktiskan Transaksi Online...
Nama : Vinsensia Sipriana Zega
NRP : 5114100066
0 komentar:
Post a Comment